PERAN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA INDONESIA PURNA BERBASIS PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (Menurut Prespektif Ekonomi Islam)

ENGGAR AYU ANGGRAINI, 17402153403 (2019) PERAN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA INDONESIA PURNA BERBASIS PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (Menurut Prespektif Ekonomi Islam). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tulungagung dalam Pemberdayaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Purna berbasis Pengembangan UKM” ini ditulis oleh Enggar Ayu Anggraini, Nim. 17402153403, Prodi Ekonomi Syariah, Pembimbing Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.SI. Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya permasalahan yang dihadapi Tenaga Kerja Indonesia purna selepas bekerja di luar negeri sehingga dibutuhkan peran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tulungagung dalam mengatasi permasalahan tersebut. Fokus penelitian dari penelitian ini: 1) Bagaimana peran dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Tulungagung dalam pemberdayaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) purna berbasis pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)?, 2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam pemberdayaan TKI purna?, 3) Bagaimana tinjauan ekonomi islam dalam pemberdayaan masyarakat?. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, sebagai metodologi penelitiannya, sedangkan jenis penelitian yang diambil adalah studi kasus dengan cara mengambil data yang bersumber dari lokasi penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran lengkap tentang sesuatu yang sedang diteliti, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa 1) peran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten tulungagung dalam memberdayakan Tenaga kerja Indonesia purna dalam pengembangan UKM berupa memberikan identifikasi, pelatihan, fasilitas permodalan dan pemasaran, 2) dalam melakukan pemberdayaan ditemukan beberapa faktor pendukung yaitu: antusias pelaku usaha, agenda bazar dan mengurangi pengangguran. Sedangkan faktor penghambat dalam upaya pemberdayaan Tenaga Kerja Indonesia Purna berbasis pengembangan UKM yaitu: tidak adanya tenaga konsultan, terbatasnya ketersediaan teknologi dan terbatasnya anggaran dana untuk melakukan pelatihan. Kata Kunci: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan TKI purna, Usaha Kecil dan Menengah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153403 ENGGAR AYU ANGGRAINI
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:12
Last Modified: 16 Aug 2019 02:12
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13003

Actions (login required)

View Item View Item