PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS WISATA PANTAI SINE DI KABUPATEN TULUNGAGUNG)

MEILIANA DYAH RAHMAWATI, 17402153368 (2019) PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS WISATA PANTAI SINE DI KABUPATEN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Pengembangan Pariwisata Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus Wisata Pantai Sine di Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Meiliana Dyah Rahmawati, Nim. 17402153368, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran dan posisi penting Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam pengembangan pariwisata yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah pariwisata. Peran tersebut salah satunya yaitu sebagai penggerak dalam mewujudkan Sapta Pesona. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sine merupakan kelembagaan informal yang dibentuk anggota masyarakat dan merupakan salah satu unsur pemangku kepentingan dalam masyarakat yang memiliki keterkaitan dan peran penting dalam mengembangan dan mewujudkan Sadar Wisata dan Sapta Pesona. Fokus penelitian ini adalah, 1)Bagaimana peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam pengembangan wisata Pantai Sine di Kabupaten Tulungagung?, 2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam pengembangan Pantai Sine di Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sine dalam pengembangan pariwisata sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat serta mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sine dalam pengembangan pariwisata. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1)Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sine dalam pengembangan pariwisata yaitu Pokdarwis Sine menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan pariwisata, Pokdarwis Sine menjadi penerima manfaat dari adanya pengembangan pariwisata Pantai Sine, Pokdarwis Sine menjadi penggerak di masyarakat agar menjadi tuan rumah yang ramah, Pokdarwis Sine menjadi penggerak di masyarakat dalam mewujudkan Sapta Pesona. 2)Faktor pendukung Pokdarwis dalam pengembangan pariwisata yaitu masyarakat mudah untuk bekerja sama, Pokdarwis selalu mengusahakan pemerataan manfaat, masyarakat bersedia untuk bekerja sama melaksanakan program bersama Pokdarwis, dan suasan Pantai Sine yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya modal, adanya kecemburuan sosial, rendahnya Sumber Daya Manusia, dan rendahnya kesadaran wisatawan dalam menjaga kebersihan. Kata Kunci: Peran Pokdarwis, Pengembangan Pariwisata, Peningkatan Perekonomian masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153368 MEILIANA DYAH RAHMAWATI
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:12
Last Modified: 16 Aug 2019 03:12
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13001

Actions (login required)

View Item View Item