PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SENDANG

SITI NUR PRADANIKA, 17204153011 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SENDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (861kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (506kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (954kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN..pdf

Download (422kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Menggunakan Alat Peraga Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sendang” ini ditulis oleh Siti Nur Pradanika NIM 17204153011, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci: Problem Posing, motivasi belajar, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi fakta yang sering ditemui guru dalam pembelajaran matematika yaitu siswa mengalami kesulitan untuk menyusun pertanyaan sendiri atau memecah suatu soal menjadi pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana sehingga banyak siswa tidak tuntas dalam menyelesaikan soal matematika. Hal ini dipicu rendahnya motivasi belajar siswa, dan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran serta metode guru dalam mengajar yang kurang selaras dengan materi pembelajaran. Dengan menerapkan model problem posing diharapkan siswa bisa mengajukan pertanyaan, disertai peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing menggunakan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sendang, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sendang, dan (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing menggunakan alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sendang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah Quasi Experimental Design. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPN 1 Sendang dengan jumlah 523 siswa. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa terdiri dari 30 siawa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Purpose Sampling pada kelas VIII. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posing menggunakan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sendang yang ditunjukkan dari nilai Sig. (2- tailed) < nilai Probability (0,045 < 0,05), (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posing menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sendang yang ditunjukkan dari nilai Sig. (2- tailed) < nilai Probability (0,000 < 0,05), dan (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sendang yang ditunjukkan dari nilai Sig. (2-tailed) < nilai Probability (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem posing menggunakan alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sendang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153011 SITI NUR PRADANIKA
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:25
Last Modified: 15 Aug 2019 07:25
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item