STUDI SRATEGI SERVICE EXCELLENT DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMBIAYAAN BA’I BI TSAMAN AJIL DI BMT ISTIQOMAH PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG DAN BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG

FITRIA ARIESTYANI, 17401153112 (2019) STUDI SRATEGI SERVICE EXCELLENT DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMBIAYAAN BA’I BI TSAMAN AJIL DI BMT ISTIQOMAH PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG DAN BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (817kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
Bab V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Studi Strategi Service Excellent dalam Upaya Peningkatkan Pembiayaan Ba’i Bi Tsaman Ajil di BMT Istiqomah Plosokandang Tulungagung dan BMT Harapan Umat Tulungagung” ini ditulis oleh Fitria Ariestyani, NIM.17401153112, pembimbing Muhammad Aqim Adlan, M.E.I Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi karena banyaknya jumlah anggota pembiayaan Ba’i Bi Tsaman Ajil dengan memiliki disparitas yang hampir sama diantara kedua lembaga BMT Istiqomah Plosokandang Tulungagung dan BMT Harapan Umat Tulungagung. Sebagai upaya peningkatan pembiayaan Ba’i Bi Tsaman Ajil perlu adanya pelayanan yang maksimal yaitu dengan strategi service excellent. Strategi service excellent yang dilakukan dapat tercermin melalui self awareness, enthusiasm, reform, value, impressive, care, evaluation sebagai upaya dalam peningkatan pembiayaan Ba’i Bi Tsaman Ajil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana praktik strategi service excellent dalam upaya peningkatan pembiayaan Ba’i Bi Tsaman Ajil di BMT Istiqomah Plosokandang Tulungagung dan BMT Harapan Umat Tulungagung. 2) Kendala apa saja yang dihadapi pada strategi service excellent dalam upaya peningkatan pembiayaan Ba’i Bi Tsaman Ajil di BMT Istiqomah Plosokandang Tulungagung dan BMT Harapan Umat Tulungagung. 3) Bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi pada strategi service excellent dalam upaya peningkatan pembiayaan Ba’i Bi Tsaman Ajil di BMT Istiqomah Plosokandang Tulungagung dan BMT Harapan Umat Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber data primer dan data sekunder. Data ini diperoleh peneliti dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut adalah bahwa 1) Di BMT Istiqomah Plosokandang Tulungagung melakukan praktik service excellent sebagai upaya peningkatan pembiayaan Ba’i Bi Tsaman Ajil yang meliputi self awareness, enthusiasm, reform, impressive, care dan evaluation. Adapun di BMT Harapan Umat Tulungagung yang meliputi self awareness, enthusiasm, reform, value, impressive, care dan evaluation. 2) Kendala yang dihadapi dikedua lembaga adalah sama-sama memiliki 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. 3) Cara mengatasi kendala dikedua lembaga adalah sama melalui faktor internal terdiri dari BMT lebih selektif dalam membagai modal dan menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan lembaga lain, dan memaksimalkan kinerja pengelola. Dan solusi melalui faktor eksternal terdiri dari BMT memaksimalkan prosedur yang berlaku, memberikan penjelasan kepada anggota berkaitan dengan produk BBA dan BMT lebih selektif dalam proses pencairan pembiayaan. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak lembaga, bagi masyarakat,bagi akademis dan bagi peneliti selanjutnya. Kata Kunci : Service Excellent, Ba’i Bi Tsaman Ajil

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153112 FITRIA ARIESTYANI
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:21
Last Modified: 19 Aug 2019 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item