STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PELAJARAN FIQIH DI MA UNGGULAN BANDUNG TAHUN AJARAN 2018-2019

FAUZI RAMADHAN, 17201153030 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PELAJARAN FIQIH DI MA UNGGULAN BANDUNG TAHUN AJARAN 2018-2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menciptakan Variasi Gaya Belajar Peserta Didik Pelajaran Fiqih di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2018-2019”ini ditulis oleh Fauzi Ramadhan, NIM: 17201153030, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, pembimbing Dr.H.Zaini S.Ag. M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru, Gaya Belajar. Latar belakangpenelitian ini adalah pembelajaran yang kurang menarik sehingga perserta didik yang memiliki gaya belajar berbeda dengan yang lain kurang menerima pelajaran. Karena setiap siswa memilik kecenderungan menerima pembelajaran dengan caranya sendiri. Faktanya di MA Unggulan Bandung ini pembelajaran masih menerapkan cara lama yakni mendekte setiap pembelajaran. Hal itu dapat membuat siswa yang memiliki kararakter belajar yang berbeda akan jenuh, mereka sering tidak memperhatikan pelajaran akibat kurang variatifnya guru dalam pembelajaran. Maka, untuk membangun semangat siswa dalam belajar, maka guru fiqih MA Unggulan Bandung mempunyai metode dalam menciptakan variasi gaya belajar peserta didik. Sehingga peneliti meneliti tentangStrategi Guru Dalam Menciptakan Variasi Gaya Belajar Peserta Didik Pelajaran Fiqih di MA Unggulan Bandung. Fokus penelitian, (1)strategi guru dalam menciptakan variasi gaya belajar pada mata pelajaran fiqih MA Unggulan Bandung.. (2)hambatan strategi guru dalam menciptakan variasi gaya belajar pada mata pelajaran fiqih MA Unggulan Bandung. (3)dampak strategi guru dalam menciptakan variasi gaya belajar pada mata pelajaran fiqih MA Unggulan Bandung. Tujuan Penelitian, (1)Untuk mengetahui strategi guru dalam menciptakan variasi gaya belajar pada mata pelajaran fiqih MA Unggulan Bandung . (2)Untuk mengetahui hambatanstrategi guru dalam menciptakan variasi gaya belajar pada mata pelajaran fiqih MA Unggulan Bandung. (3) Untuk mengetahui dampak strategi guru dalam menciptakan variasi gaya belajar pada mata pelajaran fiqih MA Unggulan Bandung. Metode penelitian, menggunakan metode kualitatif, dan ditinjau dari segi pendekatan termasuk pendekatan fenomenologi. Berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen dan dokumentasi. Analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan peningaktan ketekunan atau keajegan pengamatan. Hasil penelitian: (1) strategi guru dalam menciptakan v gaya belajar pada mata pelajaran fiqih MA Unggulan Bandung yaitu: a) Guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran harus mepersiapkan yang berupa RPP. b) Dalam menentukan dan menerapkan stategi guru memperhatikan kondisi dan keadanan peserta didik saat melaksanakan proses pembelajaran. c) Guru nengunakan strategi pembelajran yang bervasiatif dan motivasi-motivasi yang membangun pol pikir siswa untuk semangat dalam belajar.(2) hambatan strategi guru dalam menciptakan gaya belajar pada mata pelajaran fiqih MA Unggulan Bandung yaitu: (a) Sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai. b) Kurangnya disiplin siswa saat pembelajaran di kelas. c) Kedisiplinan guru dan penyampainan guru yang masih memfokuskan kepada menulis dan dekte saja.(3) dampak strategi guru dalam menciptakan gaya belajar pada mata pelajaran fiqih MAUnggulan Bandung .yaitu: a) Guru mampu menciptakan suasana yang nyaman dalam pembelajaran b) Siswa dapat menemukan gaya mereka belajar melalui bimbingan guru c) Hasil belajar yang selalu baik dalam setiap evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153030 FAUZI RAMADHAN
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:54
Last Modified: 19 Aug 2019 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12981

Actions (login required)

View Item View Item