Penggunaan Media Gambar untuk MeningkatkanPrestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Ajaran 2010-2011

Siti Fiatul, Khowim (2011) Penggunaan Media Gambar untuk MeningkatkanPrestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Ajaran 2010-2011. [ Skripsi ]

[img] Text
copy.doc

Download (2MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, dalam proses pembelajaran. Guru merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam proses pembelajaran. Berhasil atau tidaknya proses pembelajaran tergantung dari kwalitas guru. Seorang guru harus membekali dirinya dengan wawasan tentang media. Media memiliki arti penting dalam dunia pendidikan terutama dalam mata pelajaran IPA. IPA merupakan mata pelajaran yang memiliki cangkupan pengetahuan yang luas, hal ini sangat sulit jika diajarkan dengan menggunakan metode ceramah saja dan ini membutuhkan media yang mampu menarik minat siswa untuk belajar dan menyenangi pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara penggunaan media gambar sehingga pembelajaran bisa menyenangkan, tidak membosankan dan mudah difahami oleh siswa? (2) Bagaimanakah kendala-kendala penggunaan media gambar di kelas V di MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar terhadap pembelajaran IPA kelas V di MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui cara pengguanaan media gambar yang efektif agar pembelajaran bisa menyenangkan, tidak membosankan dan mudah difahami oleh siswa. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala dalam menggunakan media gambar di kelas V di MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung. (3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dari pembelajaran IPA kelas V di MI Sunan Ampel dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian adalah PTK, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru/peneliti dengan menekankan pada permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran guna untuk meningkatan prestasi belajar siswa. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA, ternyata prestasi belajar siswa menjadi lebih meningkat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan catatan lapangan. metode tes digunakan untuk memperoleh data berupa prestasi belajar siswa, metode observasi digunakan untuk memperoleh data berupa kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran, metode wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan media gambar, sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil tes akhir meningkat dari siklus 1 sampai siklus 4. Rata-rata hasil tes akhir pada siklus 2 mengalami peningkatan dari 53,3 naik menjadi 60,0. Pada siklus 3 naik menjadi 70,0 dan pada siklus 4 naik menjadi 88,8.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 24 Feb 2015 04:29
Last Modified: 24 Feb 2015 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item