PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF UDANAWU BLITAR

NURUL HIDAYATI, 17208153044 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII MTs Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Nurul Hidayati NIM 17208153044, pembimbing Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, sikap peduli lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi fakta yang sering ditemui dalam pembelajaran biologi yaitu metode ceramah masih dominan digunakan oleh guru sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Siswa masih kurang aktif berpartisipasi atau cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga hasil belajar siswa tidak tuntas dan sikap siswa terhadap lingkungan masih rendah. Hal ini dipicu kurangnya variasi model dalam pembelajaran serta metode guru dalam mengajar yang kurang selaras dengan materi pembelajaran. Dengan menerapkan model problem based learning diharapkan hasil belajar dan sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan pencemaran lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan kelas VII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar, dan (3) Mengetahuipengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan kelas VII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah Quasi Experimental Design. Populasi penelitian adalah kelas VII MTs Ma’arif Udanawu Blitar dengan jumlah 405 siswa. Sampel penelitian sebanyak 90 siswa terdiri dari 48 siswa kelas eksperimen dan 42 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Purpose Sampling pada kelas VII. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-t dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada pokok bahasan pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dari analisis uji t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,013. Karena nilai sig. (2-tailed) 0,013 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, (2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada pokok bahasan pencemaran lingkungan terhadap sikap siswa. Hal ini ditunjukkan dari analisis uji t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,007. Karena Sig. (2-tailed) 0,007 ˂ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada pokok bahasan pencemaran lingkungan secara bersama-sama antara hasil belajar dan sikap siswa. Hal ini di tunjukkan pada Tests of Between-Subjects Effects belajar siswa memiliki tingkat signifikansi 0,000 dimana Sig. 0,000 < 0,05 maka dari itu hasil belajar terdapat perbedaan yang signifikan sedangkan pada sikap siswa memiliki nilai 0,001, dimana Sig. 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII MTs Ma’arif Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153044 NURUL HIDAYATI
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:28
Last Modified: 15 Aug 2019 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item View Item