Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV Tentang Pengaruh Gaya Terhadap Suatu Benda Mata Pelajaran IPA di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2010/2011

Anni, Faida (2011) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV Tentang Pengaruh Gaya Terhadap Suatu Benda Mata Pelajaran IPA di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB 1.doc

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (98kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (33kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (209kB)
[img] Text
COVER-ABSTRAK.docx

Download (43kB)
[img] Text
JUDUL SKRIPSI.docx

Download (121kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching, Pemahaman Siswa Kelas IV, Pengaruh Gaya terhadap Suatu Benda, Mata Pelajaran IPA Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang suatu materi dapat mempengaruhi nilai siswa. Terlihat bahwa jika siswa belum paham terhadap materi yang dipelajari maka akan berpengaruh pada nilai siswa tersebut. Untuk itu seorang guru sangat berpengaruh pada nilai siswa tersebut. Untuk itu seorang guru sangat berpengaruh dalam berjalannya proses belajar mengajar. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV tentang pengaruh gaya terhadap suatu benda pada mata pelaajran IPA di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV tentang pengaruh gaya terhadap suatu benda mata pelajaran IPA di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2010/2011?, (2) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran IPA tentang pengaruh gaya terhadap suatu benda setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2010/2011? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV tentang pengaruh gaya terhadap suatu benda mata pelajaran IPA di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2010/2011, (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA tentang pengaruh gaya terhadap suatu benda setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi sekolah SDI Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatna mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Tes digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi pengaruh gaya terhadap suatu benda mata pelajaran IPA, sedangkan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang siswa, guru, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, akhirnya penulis mendapat data berupa nilai tes IPA. Maka data tersebut kemudian penulis analisis dengan menggunakan rumus percentages correction. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa kelas IV terhadap mateir pengaruh gaya terhadap suatu benda dalam mata pelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Dengan demikian hasil perhitungan yang telah dilakukan bahwa besarnya peningkatan pemahaman siswa adalah sebesar 92,91%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 24 Feb 2015 04:13
Last Modified: 24 Feb 2015 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item