PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS KELAS VIII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

INNAYATUL ROMDHONIA PUTRI, 17201153251 (2019) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS KELAS VIII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (473kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Skirpsi dengan judul “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur an Hadits Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Innayatul Romdhonia Putri NIM. 17201153251, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN), Pembimbing Muhamad Asngad Rudisunhaji, S. Ag., M.S.I. Kata kunci : Gaya Mengajar Guru, dan Hasil Belajar Latar belakang masalah : Dalam pendidikan tidak terlepass dari proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran masing-masing guru memiliki gaya mengajar sendiri-sendiri dalam penyampaian materi yang biasanya disebut dengan “Teaching Style”. Gaya mengajar memiliki pengertian cara atau metode yang dipakai guru ketika sedang melakukan pengajaran. Gaya mengajar adalah bentuk penampilan guru saat mengajar. Gaya mengajar sendiri terbagi menjadi empat yaitu ; gaya mengajar klasik, teknologis, personalisasi, dan interaksional. Dengan demikian gaya mengajar guru merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan proses belajar siswa. Rumusan masalah : 1) Bagaimanakah penerapan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung?. 2) Apakah ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung?. Tujuan Penelitian : 1) Untuk mengetahui penerapan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung?. 2) Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung?. Metode penelitian : penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan jenis eks-postfakto (ex-postfacto). Variabel penelitian : variabel bebas ( Gaya Mengajar Guru ) dan variabel terikat ( Hasil Belajar ). Sumber data : data primer (siswa kelas VIII) data sekunder (nilai ulangan tengah semester 1, pelajaran Al-Qur an Hadits kelas VIII). Sampel : 111 siswa. Sampling: Purposive sampling yaitu teknik sampling yang digunakan oleh peneliti jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu didalam pengambilan sampelnya. Teknik pengumpulan data : Observasi, dokumentasi, wawancara, angket. Analisis data : Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitass, Uji Linieritas, Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian : 1) Guru Al-Qur an Hadits lebih sering menggunakan gaya mengajar interaksional, dengan cara membentuk kelas dalam beberapa kelompok dan memberikan soal atau permasalahan yang harus diselesaikan oleh setiap kelompok 2) Ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur an Hadits kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung. Dapat dilihat dari hasil uji t, menghasilkan thitung >ttabel (2,747 >1,658). Nilai signifikansi t untuk variabel gaya mengajar guru adalah 0,007 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05. Dari perhitungan tersebut mendapatkan kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru memiliki hubungan dan mempengaruhi hasil belajar siswa,

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153251 INNAYATUL ROMDHONIA PUTRI
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:00
Last Modified: 14 Aug 2019 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12918

Actions (login required)

View Item View Item