PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 BLITAR MATERI BANGUN RUANG DAN SISI DATAR

FAUZIYAH YUNI HAPSARI, 17204153237 (2019) PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 BLITAR MATERI BANGUN RUANG DAN SISI DATAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII di MTsN 1 Blitar Materi Bangun Ruang dan Sisi Datar” yang ditulis oleh Fauziyah Yuni Hapsari, NIM 17204153237, dibimbing oleh Miswanto, M.Pd Kata Kunci: Kemapuan Numerik, Kemampuan Verbal, Hasil Belajar Pembelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan, karena pelajaran matematika tidak lepas dari angka-angka dan rumus-rumus. Dalam proses pembelajaran matematika siswa sering mendapatkan permasalahan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya karena kurang dalam memahami dan menjelaskan maksud permasalahan soal. Hal ini yang menyebabkan hasil belajar siswa kurang memuaskan jika siswa tidak mempunyai kemampuan verbal ataupun kemampuan numerik. Kemampuan numerik adalah kemampuan seseorang untuk melakukan perhitungan angka-angka sedangkan kemampuan verbal kemampuan seseorang dalam mengaitkan berbagai informasi yang diperoleh. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar matematika (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan numerik dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Polupasinya merupakan siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar, sampel yang digunakan yaitu kelas VIII-1. Terknik pengumpulan data dengan cara tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Ada pengaruh kemampaun numerik terhadap hasil belajar matematika, dengan nilai Fhitung sebesar 18,812 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai Ftabel sebesar 4,113 (2) Ada pengaruh kemampaun verbal terhadap hasil belajar matematika, dengan nilai Fhitung sebesar 5,023 dengan nilai sig. 0,031 < 0,05 dan nilai Ftabel sebesar 4,113 (3) Ada pengaruh kemampaun numerik dan kemampaun verbal terhadap hasil belajar matematika, dengan nilai Fhitung sebesar 10,007 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai Ftabel sebesar 3,267.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153237 FAUZIYAH YUNI HAPSARI
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:20
Last Modified: 12 Aug 2019 04:20
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12907

Actions (login required)

View Item View Item