Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MIN Jeli Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2010/2011

Nani Zahrotul, Mufidah (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MIN Jeli Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.docx

Download (20kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (100kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : pemanfaatan lingkungan, sumber belajar, hasil belajar IPA Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana cara guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MIN Jeli Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 20102011 (2) mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di MIN Jeli Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 20102011 (3) mengetahui faktor-fakor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MIN Jeli Karangrejo Tulunagung Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), melalui pendekatan kualitatif. Terdiri dari dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jumlah siswa sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVb MIN Jeli yang berjumlah 27. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Keabsahan data dalam penelitian ini ada empat kriteria yaitu (1) kepercayaan (credibility) (2) keteralihan (transferability) (3) ketergantungan (dependability) (4) kepastian (konfirmability). Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) pengumpulan data (2) mereduksi data (3) penyajian data (4) kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Cara guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MIN Jeli telah dilakukan secara optimal yaitu dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, mengajak siswa berdarmawisata, mengadakan praktikum sebagai pembuktian. (2) pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap lingkungan. Hal itu dapat dibuktikan melalui hasil yang diperoleh siswa saat pre tes adalah sebesar 44,44% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, tes akhir tindakan siklus I siswa memperoleh hasil 74,07% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, tes akhir tindakan siklus II siswa memperoleh hasil 92,59% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum. (3) Faktor yang dapat mempengaruhi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar antara lain: kreatifitas guru, dana, waktu, kebijakan dari sekolah maupun kabupaten dan propinsi tertentu, serta hendaknya mudah dijangkau dan dapat bermakna bagi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 24 Feb 2015 04:02
Last Modified: 24 Feb 2015 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item