PERAN GURU FIQIH DALAM MENCIPTAKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF UNTUK SISWA PADA PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA WONODADI BLITAR

ACHMAD RIZAL SAFI’I, 17201153094 (2019) PERAN GURU FIQIH DALAM MENCIPTAKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF UNTUK SISWA PADA PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (608kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (599kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (719kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Peran Guru Fiqih dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif dengan Siswa pada Pembelajaran di MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ini di tulis oleh Achmad Rizal Safi’I, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 17201153094 Tahun 2019 Pembimbing Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata kunci : peran guru fiqih, menciptakan komunikasi yang efektif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada guru yang selalu atau banyak menggunakan metode ceramah dan akhirnya menimbulkan komunikasi yang kurang efektif. Dengan demikian, Guru fiqih di MA Darul Huda Wonodadi Blitar memiliki kelebihan untuk berkomunikasi yang efektif tehadap siswa, dengan menggunakan bahasa campuran guru tersebut dapat berkomunikasi secara efektif. Disini peneliti ingin mengetahui bagaimana peran guru fiqih dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan siswa pada pembelajaran di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru fiqih dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan siswa pada pembelajaran di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Fokus masalah yang dikaji adalah: 1) bagaimana peran guru fiqih dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan siswa pada pembelajaran di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? 2) bagaimana langkah-langkah guru fiqih dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan siswa pada pembelajaran di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? 3) bagaimana hambatan guru fiqih dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan siswa pada pembelajaran di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? 4) bagaimana dampak guru fiqih dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan siswa pada pembelajaran di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran fiqih dan siswa. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi, perpanjangan penelitian, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa:1) Peran guru fiqih dalam menciptakan komunikasi yang efektif yaitu sebagai pengajar, sebagai pembimbing, sebagai motivator, dan sebagai innovator siswa yang diajar olehnya. 2) Langkah-langkah guru fiqih dalam menciptakan komunikasi yang efektif yaitu Menggunakan Komunikasi Persuasif, perubahan perilaku, keyakinan, dan sikap yang lebih mantap seolah-olah perubahan tersebut bukan atas kehendak komunikator akan tetapi justru atas kehendak komunikan sendiri. Menggunakan komunikasi dua arah, pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama artinya ada timbal balik dan melibatkan dua pihak. 3) Hambatan guru fiqih dalam menciptakan komunikasi yang efektif yaitu adanya perbedaan latarbelakang, dan tujuan siswa masing-masing. 4) Dampak guru fiqih dalam menciptakan komunikasi yang efektif yaitu bersikap sabar, bersikap akrab dan melebur, bersikap sederajat, tidak memihak dan mengkritik, dan bersikap terbuka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153094 ACHMAD RIZAL SAFI’I
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:40
Last Modified: 14 Aug 2019 02:40
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12804

Actions (login required)

View Item View Item