PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

RISMA EKA PRADINA, 17205153126 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan .pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV dan V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019ˮ yang ditulis oleh Risma Eka Pradina dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M. Pd.I. Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru. Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kompetensi pedagogik guru dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa tahun ajaran 2017/2018 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dalam kemampuan memahami peserta didik terhadap minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dalam kemampuan mmembuat perancangan pembelajaran terhadap minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dalam kemampuan melaksakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis terhadap minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. 4) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara kompetensi pedagogik guru dalam kemampuan memahami siswa, membuat perancangan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis terhadap minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, dan V Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung yang berumlah 65 peserta didik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 65 peserta didik dari jumlah populasi menggunakan teknik jenuh dengan pertimbangan tertentu . Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kompetensi pedagogik guru dan besarnya minat belajar siswa.. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan efektif yang belumnya dilakukan uji normalitas, uji linieritas, dan uji asumsi klasik. Pengujian-pengujian tersebut menggunakan bantuan program komputer Statistical Product and Sevice Solution (SPSS) 16.0 for windows. Berdasarkan dari analisis data didapatkan: 1) Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel (2,368 > 2,000). Nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru dalam memahami karakteristik siswa adalah 0,020 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,020 < 0,05). 2) Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel (2,268 > 2,000). Nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogikguru dalam perancangan pembelajaran adalah 0,027 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,027 < 0,05). 3) Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel (2,494 > 2,000). Nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru dalam perancangan pembelajaran adalah 0,015 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,015 < 0,05). 4) perhitungan menunjukkan Fhitung (4,033) > Ftabel (2,755). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,011, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas (α) yang ditetapkan (0,011 < 0,05). Sumbangan pengaruh variabel kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa kelas IV dan V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 adalah sebesar 12,4% dalam kategori sedang, sedangkan 87,6%sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153126 RISMA EKA PRADINA
Date Deposited: 29 Aug 2019 03:18
Last Modified: 29 Aug 2019 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12802

Actions (login required)

View Item View Item