PROFIL PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VII D SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LEFI IRDHIYANTI, 17204153153 (2019) PROFIL PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VII D SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (892kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Profil Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII D SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Lefi Irdhiyanti, NIM .17204153153, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran, Gaya Kognitif, Perbandingan Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena bahwa kemampuan penalaran siswa pada umumnya masih tergolong rendah. Kemampuan penalaran siswa sangat dibutuhkan untuk mencapai hasil belajar yang baik dalam pembelajaran matematika. Semakin tinggi tingkat penalaran siswa semakin tinggi pula tingkat keberhasilan belajar matematika siswa. Karakteristik dan kemampuan siswa yang berbeda-beda juga mempengaruhi proses belajar siswa terutama pada kemampuan gaya kognitif siswa. Penting bagi guru untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan profil penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi perbandingan ditinjau dari gaya kognitif field independent siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, dan 2) untuk mendeskripsikan profil penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi perbandingan ditinjau dari gaya kognitif field dependent siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penedekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 2 siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol dengan kemampuan gaya kognitif field independent dan 2 siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol dengan kemampuan gaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penalaran siswa dengan kemampuan gaya kognitif field independent cenderung hampir memenuhi semua indikator penalaran, yaitu mampu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan dan bukti terhadap kebenaran solusi, menarik kesimpulan dari pernyataan, memeriksa keshahihan suatu argumen dan menemukan pola untuk membuat generalisasi. 2) penalaran siswa dengan kemampuan gaya kognitif field dependent cenderung memenuhi kurang dari 4 indikator penalaran, yaitu mampu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dari pernyataan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153153 LEFI IRDHIYANTI
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:27
Last Modified: 06 Aug 2019 08:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12785

Actions (login required)

View Item View Item