PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

NI’MATUS SHOLIKHAH, 17201153178 (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII di MTsN 2 Tulungagung”, ini ditulis oleh Ni’matus Sholikhah, NIM. 17201153178. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I, NIP. 19800825 200604 1 007 Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ketertarikan peneliti tentang apa itu kompetensi guru, khususnya kompetensi kepribadian guru, karena pengalaman peneliti dari kegiatan PPL pada semester 7 yang lalu, peneliti merasakan mengajar dengan hati itu lebih berkesan daripada hanya sekedar mengajar saja, yang penting masuk kelas, menyampaikan pelajaran, mendapatkan gaji, ya sudah. Yang dimaksud kompetensi kepribadian guru bukan seperti itu. Kalau seperti itu, niat sang guru hanya menggugurkan kewajibannya dalam mengajar saja. Tapi di luar dari hal tersebut, mengajar dengan hati justru mendapatkan manfaat yang luar biasa, mulai dari fikiran dan hati yang tenang, siswa-siswa yang diajar rajin, hormat dan sopan pada guru. Intinya dengan kompetensi kepribadian guru menjadikan seorang guru memiliki nilai di hadapan siswa-siswanya. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung? Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung tahun pelajaran 2018-2019, yang terdiri dari 367 siswa. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel 128 siswa. Variabel bebas: kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar. Variabel terikat: prestasi belajar Akidah Akhlak. Sumber data: responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F, analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 2,221 dan ttabel = 1,979 dengan taraf signifikansi 0,028 yang dapat disimpulkan thitung > ttabel. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai t hitung = 3,871 dan ttabel = 1,979 dengan taraf signifikansi 0,000 yang dapat disimpulkan thitung > ttabel. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 15,324 dan Ftabel = 3,07 dengan taraf signifikansi 0,000 yang dapat disimpulkan Fhitung > Ftabel atau sig < α (0,05) dengan kontribusi sebesar 3,88%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153178 NI’MATUS SHOLIKHAH
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:21
Last Modified: 06 Aug 2019 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12754

Actions (login required)

View Item View Item