PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR'AN SEBAGAI PENGOBATAN (Studi Living Qur'an Praktik Ruqyah oleh Jam'iyyah Ruqyah Aswaja Tulungagung)

LUTHFIATUL AINIYAH, 17301153005 (2019) PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR'AN SEBAGAI PENGOBATAN (Studi Living Qur'an Praktik Ruqyah oleh Jam'iyyah Ruqyah Aswaja Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (144kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Ayat-Ayat al-Qur’an sebagai Pengobatan : Studi Living Qur’an Praktik Ruqyah oleh Jam’iyyah Ruqyah Aswaja Tulungagung” ini ditulis oleh Luthfiatul Ainiyah, NIM 17301153005, Pembimbing Fardan Mahmudatul Imamah, STh.I., M.A. Kata kunci : Pengobatan, living Qur’an, ruqyah, pengalaman keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi pernyataan bahwa al-Qur’an tidak hanya difungsikan sebagai bacaan, akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari al-Qur’an juga dapat difungsikan sebagai sarana pengobatan bagi manusia di dunia. Salah satu pengaplikasian al-Qur’an sebagai pengobatan terlihat pada praktik terapi ruqyah. Ruqyah tergolong pengobatan yang banyak diminati oleh masyarakat. Tayangan televisi maupun artikel-artikel penelitian banyak yang memperbincangankan tema ini. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengkaji penggunaan ayat-ayat al-Qur’an sebagai pengobatan pada praktik pengobatan ruqyah. Penelitian fokus membahas penggunaan ayat-ayat al-Qur’an pada praktik ruqyah dari Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Tulungagung. Pada penelitian ini, penulis berusaha menjelaskan dua poin, yakni (1) Pengamalan ayat-ayat al-Qur’an dalam pratik ruqyah yang dilakukan oleh Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Tulungagung, (2) Pengalaman pasien yang di ruqyah dengan bacaan ayat-ayat al-Qur’an. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan studi lapangan (field research) dengan etnografi sebagai pendekatan penelitiannya. Data-data temuan diperoleh melalui wawancara narasumber yang terdiri dari ketua, sekertaris, bendahara, dan para pasien Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Tulungagung dengan teknik snowball sampling. Penulis menganalisis data temuan menggunakan teori religious experience milik William James. Pada penelitian ini, penulis menghasilkan kesimpulan (1) penggunaan ayat-ayat al-Qur’an sebagai pengobatan dalam ruqyah JRA Tulungagung dibagi menjadi menjadi dua jenis, yakni pada ruqyah mandiri dan ruqyah massal. Pada ruqyah massal ayat al-Qur’an dibacakan melalui 3 metode ruqyah, metode air asmaan, metode sentuhan dan metode ahdul lawa’I, (2) banyak pasien yang mengalami perubahan lebih baik setelah mengikuti ruqyah dari JRA Tulungagung. Orang-orang yang datang ke tempat ruqyah termasuk orang yang mencari keberkahan untuk memperoleh kesembuhan, mereka inilah yang dikatakan sebagai the sick soul (Orang-orang yang sakit jiwa) oleh William James.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: S.Ag 17301153005 Luthfiatul Ainiyah
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:18
Last Modified: 05 Aug 2019 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item