ANALISIS CARA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI DOMINASI OTAK KIRI DAN OTAK KANAN DI KELAS VIII A MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

UMI ZAKIAH, 17204153087 (2019) ANALISIS CARA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI DOMINASI OTAK KIRI DAN OTAK KANAN DI KELAS VIII A MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (437kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (903kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Cara Siswa dalam Menyelesaikan masalah Geometri Ditinjau dari Dominasi Otak kiri dan Otak Kanan di Kelas VIII A MTs Al-Ma’arif Tulungung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Umi Zakiah dan dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Penyelesaian Masalah Geometri, Dominasi Otak Kiri dan Otak Kanan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa mengenai cara pengerjaan soal pada matematika yang selalu terfokus pada rumus yang menjadikan siswa kurang inofatif dan dan kurang eksplor terhadap pengetahuan-pengetahuan. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bahwa cara penyelesaian masalah dalam matematika terutama geometri tidak selalu terpaku pada rumus. Tujuan dari penelitian ini adalah untu mengetahui cara yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari dominasi otak kiri dan otak kanan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data terdiri dari Observasi, tes tertulis, kuesioner, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa. 3 orang siswa dominan otak kanan dengan kemampuan akademik tinggi, sedang, dan rendah. Serta 3 orang siswa dominasi otak kiri dengan kemampuan kademik tinggi, sedang, rendah. Untuk menentukan siswa yang dominan otak kiri dan dominan otak kanan digunakan Tes Inventori Dominasi Otak Kiri dan Otak Kanan. Sedangkan untuk mendeskripsikan cara penyelesaian masalah yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah geometri dilakukan dengan menganalisis dan mengintepretasikan langkah-langkah yang digunakan siswa, menggunakan metode tes tertulis dan wawancara pada jawabannya. Berdasarkan analisis data didapatkan: Siswa dengan kemampuan akademik tinggi mampu untuk memenuhi tahap penyelesaian masalah berdasarkan teori polya dengan cara yang digunakan berbeda, berdasarkan dominasi otak kiri atau kanan. Siswa dengan kemampuan akademik sedang kurang mampu untuk memenuhi tahap penyelesaian masalah berdasarkan teori polya, beberapa tahapan tidak kurang terpenuhi karena ketelitian yang kurang tentunya dengan cara yang digunakan berbeda, berdasarkan dominasi otak kiri atau kanan. Dan siswa dengan kemampuan akademik rendah, belum mampu untuk memenuhi tahap penyelesaian masalah berdasarkan teori polya karena kemampuan akdemik yang masih kurang sehingga tidak mampu menyimpulkan bagaimana dia merumuskan masalah. Pada siswa dengan kemampuan akademik rendah ini cara berfikir yang digunakan untuk memahami masalah berbeda, berdasarkan dominasi otak kiri atau kanan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153087 UMI ZAKIAH
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:11
Last Modified: 05 Aug 2019 07:11
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12740

Actions (login required)

View Item View Item