PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FIQH MATERI POKOK SHALAT SUNNAH MUAKAD SISWA KELAS VII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

NASIKA MU’TAMAROH, 17201153138 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FIQH MATERI POKOK SHALAT SUNNAH MUAKAD SISWA KELAS VII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap hasil Belajar Fiqh Materi Pokok Salat Sunnah Muakad Siswa Kelas VII di MTsN 4 Tulungagung” yang ditulis oleh Nasika Mu’tamaroh, NIM. 17201153138, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen pembimbing: Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd Kata kunci:Media, Visual, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik yang sulit menerima pembelajaran. Hal tersebut bisa disebabkan oleh materi pembelajaran yang disampaikan guru bersifat monoton. Karena pada kenyataannya saat ini guru sangat jarang menggunakan media pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar, padahal seorang guru seharusnya dapat mendesain pembelajaran supaya dapat berjalan secara efektif dan efisien sehingga dapat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan pemanfaat media pembelajaran. Media merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Melalui media, proses pembelajaran bisa lebih menarik dan menyenangkan, penggunaan media dapat membantu memperjelas pesan pembelajaran. Salah satunya dengan penggunaan media visual. Media berbasis visual memegang peran penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat juga dapat menumbuhkan minat siswa dan memberikan hubungan antara isi materi dengan dunia nyata. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1 ) Bagaimana pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar Kognitif Fiqh materi pokok Salat Sunnah Muakad siswa kelas VII di MTsN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar Afektif Fiqh materi pokok Salat Sunnah Muakad siswa kelas VII di MTsN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar Psikomotorik Fiqh materi pokok Salat Sunnah Muakad siswa kelas VII di MTsN 4 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan Quasi Eksperimen Design atau desain eksperimen semu tipe Posttest Only, Non equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media visual), variabel terikatnya adalah hasil belajar Fiqh kelas VII MTsN 4 Tulungagung. Populasi seluruh siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung berjumlah 355 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 65 siswa dari kelas eksperimen (VII B) dan kelas kontrol (VII A). Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan, hasil analisis dengan uji-t pada hasil belajar kognitif diperoleh nilai signifikan sebesar 0,003 untuk kelas A dan 0,002 untuk kelas B. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 jadi hal ini memiliki pengaruh yang baik dengan perbedaan rata-rata 6,17. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan, hasil analisis dengan uji-t pada hasil belajar Afektif diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 untuk kelas A dan kelas B.Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 jadi hal ini memiliki hasil yang baik dengan perbedaan rata-rata rata 3,4. (3) Tidak terdapat pengaruh pada hasil belajar Psikomotorik, dapat diketahui hasil analisis dengan uji-t bahwa nilai signifikan sebesar 0,817 untuk kelas A dan 0,816 untuk kelas B. Nilai tersebut lebih besar dari nilai 0,05. Jadi hal ini menunjukkan tidak terdapatnya pengaruh yang signifikan karena memiliki perbedaan dengan rata-rata 0,67.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153138 NASIKA MU’TAMAROH
Date Deposited: 05 Aug 2019 06:44
Last Modified: 05 Aug 2019 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12732

Actions (login required)

View Item View Item