ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RIZQI KHOIRUROHMAH, 17208153069 (2019) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (723kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Proses Pembelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rizqi Khoirurohmah, NIM. 17208153069, pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata kunci: standar proses, pembelajaran biologi, standar nasional pendidikan Salah satu elemen perubahan yang penting dalam kurikulum 2013 adalah standar proses yang berisi standar minimal mengenai proses pembelajaran yang harus dilakukan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan yang termuat dalam permendikbud No 19 Tahun 2005 adalah melalui proses pembelajaran. Oleh karena itu, gambaran mengenai implementasi standar proses penting dilakukan untuk melakukan kajian awal. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, 2) menganalisis proses pembelajaran berdasarkan standar proses yang terdapat dalam standar nasional pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru, tenaga pengajar, dan para peneliti, khususnya SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini dilakukan melalui studi langsung/studi lapangan yang dilaksanakan di kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung dengan cara observasi, wawancara, mempelajari, dan menganalisis. Data yang terkumpul semuanya dianalisis dengan analisis deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) praktik pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung sebagaimana sesuai yang ada dalam Permendikbud No.103 Tahun 2014 dan Permendikbud No.32 Tahun 2013. Guru melakukan persiapan terlebih dahulu. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru melakukan kegiatan awal berupa apersepsi yang merupakan penghubung materi pembelajaran dengan kompetensi yang telah dikuasai oleh peserta didik. Kemudian guru melakukan kegiatan inti yang terdiri atas tiga proses yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Setelah proses konfirmasi berakhir, guru melakukan kegiatan akhir yang berupa penutup, guru juga melakukan evaluasi pembelajaran yang terdiri dari penilaian, remedial dan pengayaan. 2) Praktik pembelajaran biologi materi pencemaran lingkungan kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung pelaksanaannya sudah cukup maksimal, perkembangannya dapat dilihat mulai dari perencanaan, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan pengawasan proses pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153069 RIZQI KHOIRUROHMAH
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:45
Last Modified: 06 Aug 2019 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12723

Actions (login required)

View Item View Item