KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X IIS DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

ADINDA ARIFATUL UMMAH, 17210153023 (2019) KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X IIS DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (696kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK ADINDA ARIFATUL UMMAH. 17210153023. 2019. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X IIS di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Skripsi Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBIN). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. NIP 19660201 200701 1002. Kata Kunci : Kesalahan Berbahasa, Bentuk Kesalahan, Laporan Hasil Observasi Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dan kalimat efektif yang kurang diperhatikan pada teks laporan hasil observasi siswa. Kesalahan tersebut terjadi karena kurang menguasai cara menulis teks laporan hasil observasi sesuai ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini yang menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X IIS di MA Darul Huda Wonodadi Blitar”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada teks laporan hasil observasi. Penelitian ini termasuk pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi siswa kelas X IIS MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Objek penelitian ini adalah kalimat yang mengandung unsur kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada teks laporan hasil observasi siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada saat pra penelitian, dokumentasi digunakan untuk analisis dari kesalahan yang diteliti dan hasil wawancara digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga rangka, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah kesalahan pemakaian huruf kapital sebanyak 58 kali, kesalahan pemakaian huruf miring sebanyak 9 kali, kesalahan penulisan bentuk ulang sebanyak 5 kali, kesalahan penulisan gabungan kata sebanyak 1 kali, kesalahan penulisan kata depan sebanyak 7 kali, kesalahan penulisan partikel sebanyak 1 kali, kesalahan pemakaian tanda titik sebanyak 7 kali, kesalahan pemakaian tanda koma sebanyak 4 kali, kesalahan pemakaian tanda titik dua sebanyak 1 kali, kesalahan kaidah kesepadanan kalimat sebanyak 3 kali, kesalahan kaidah kehematan kalimat sebanyak 2 kali, kesalahan kaidah kecermatan kalimat sebanyak 2 kali, dan kesalahan kaidah kepaduan kalimat sebanyak 1 kali. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang paling sering terjadi yaitu kesalahan pemakaian huruf kapital sebanyak 58 kali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210153023 ADINDA ARIFATUL UMMAH
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:00
Last Modified: 06 Aug 2019 07:00
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12703

Actions (login required)

View Item View Item