Pengaruh Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa kelas VII SMP Islam Watulimo Trenggalek

Ririn Resti, Anika (2014) Pengaruh Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa kelas VII SMP Islam Watulimo Trenggalek. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi 1.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

KATA KUNCI: Berpikir Kreatif, Pendekatan problem Posing. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan oleh siswa dan dibina melalui pendidikan. Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika yaitu mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil dan rasa ingin tahu membuat pridiksi dan dugaan serta mencoba-coba. Banyak pendekatan yang merangsang siswa untuk berpikir kritis sekaligus logis, kreatif dan interakti dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu pendekatan pengajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika yaitu dengan pendekatan pengajaran menggunakan pendekatan Problem Posing. Problem Posing adalah suatu model pembelajaran yang mengharuskan siswa menyusun pertanyaan sendiri atau memecah suatu soal menjadi pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana yang mengacu pada penyelesaian soal tersebut. Tujuan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Islam Watulimo Trenggalek. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Watulimo Trenggalek pada bulan Maret 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan 2 kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperiment dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan problem posing sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII-B dan kelas VII-C dengan jumlah 45 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan nilai ( 4,102 > ( 5% =2,017), yang berarti bahwa nilai lebih dari pada taraf 5%., Ada pengaruh yang signifikan pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMP Islam Watulimo Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 24 Feb 2015 02:49
Last Modified: 24 Feb 2015 02:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item