Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru Aqidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014

ZAHRA’, ANIS FATIMATUS (2014) Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru Aqidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
MOTTO,PERSEMBAHAN,ABSTRAK,dll..pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (revisi).pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (revisi).pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (revisi).pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (revisi).pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (revisi).pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (revisi).pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN (revisi).pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru Aqidah Akhlak, Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kemampuan pengelolaan pembelajaran atau yang disebut kompetensi pedagogik harus dimiliki oleh semua guru, atau calon guru dalam mengemban tugasnya agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien serta mempunyai hasil yang diharapkan. Dan juga kemampuan pengelolaan pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui adakah korelasi antara kompetensi pedagogik guru aqidah akhlak terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VII MTs Negeri Bandung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang meliputi kompetensi dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, dalam berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, dan dalam menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar di MTs Negeri Bandung Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Bandung Tulungagung sebagai masukan dalam merumuskan kebijakan guna peningkatan kualitas dan kompetensi guru, bagi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Bandung sebagai bahan informasi dan meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Dan bagi peneliti lain khususnya almamater IAIN Tulungagung sebagai bahan kajian atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah verifikatif, deskriptif, dan korelasional. Dalam memperoleh data, cara yang ditempuh oleh peneliti yaitu dengan cara menyebar angket kepada responden yang telah ditentukan serta menggunakan dokumentasi guna memperoleh data-data yang mendukung penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan diambil 92 anak sebagai sampel dengan cara cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, korelasi kontingensi, dan phi. Hasil hitung dari harga phi pada X1 diperoleh hasil 0,551. Uji signifikansinya bila ro ≥ rt 5% dan 1%, perbandingan ro = 0,551 ≥ rt 5% = 0,207 dan ro = 0,551 ≥ rt 1% = 0,270. Maka hipotesis alternatif Ha yang berbunyi “Ada korelasi antara kompetensi pedagogik guru aqidah akhlak dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dangan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VII MTs Negeri Bandung Tahun Pelajaran 2013/2014” dinyatakan diterima dan hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi sebaliknya ditolak. xviii Dari perhitungan harga phi pada X2 diperoleh hasil 0,498. Uji signifikansinya bila ro ≥ rt 5% dan 1%, perbandingan ro = 0,498 ≥ rt 5% = 0,207 dan ro = 0,498 ≥ rt 1% = 0,270. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada korelasi antara kompetensi pedagogik guru aqidah akhlak dalam berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014” dinyatakan diterima dan hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi sebaliknya ditolak. Dan dari perhitungan harga phi pada X3 diperoleh hasil 0,497. Uji signifikansi bila ro ≥ rt 5% dan 1%, perbandingan ro = 0,497 ≥ rt 5% = 0,207, ro = 0,497 ≥ rt 1% = 0,270. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada korelasi antara kompetensi pedagogik guru aqidah akhlak dalam menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dengan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014” dinyatakan diterima dan hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi sebaliknya ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi pedagogik guru aqidah akhlak terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Nov 2014 01:55
Last Modified: 05 Nov 2014 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item