STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI MIN 9 BLITAR

YAHYA WIJAYA, 17205153196 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI MIN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (683kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Nilai Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di MIN 9 BLITAR” ditulis oleh Yahya Wijaya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing Oleh Saiful Bahri, S.Ag, M.Pd.I Kata kunci: Strategi Guru, pendidikan karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan karakter di Indonesia yang belum berhasil terlaksana dengan maksimal. Hal tersebut dapat di lihat dalam lingkungan sekolah saat ini masih banyak ditemui permasalahan permasalahan moral. Contohnya, banyak siswa yang tidak sopan terhadap bapak/ ibu guru, sering membantah, tidak menghargai sesama/ kurangnya rasa toleransi, sering berkata kotor, tidak disiplin, sering menyontek dan lain sebagainya. Apabila permasalahan tersebut dapat tertanam sejak dini maka akan tumbuh generasi bangsa yang baik dan berkarakter. Oleh karena itu peneliti tertarik dengan strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di MIN 9 Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam menananmkan nilai Toleransi pada peserta didik di MIN 9 Blitar ? 2) Bagaimana strategi guru dalam menananmkan nilai Sopan santun pada peserta didik di MIN 9 Blitar ? 3) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai demokrasi pada peserta didik di MIN 9 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai Toleransi pada peserta didik di MIN 9 Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai Sopan santun pada peserta didik di MIN 9 Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menananmkan nilai Demokrasi pada peserta didik di MIN 9 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan jenis penelitian Studi kasus. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedagkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data kemudian verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data artinya membandingkan dan mengecek data hasil pengamatan, wawancara serta isi dokumen yang berkaitan. Hasil penelitiannya adalah 1) strategi guru dalam menanamkan nilai toleransi pada peserta didik di MIN 9 Blitar yaitu pada saat pembelajaran di kelas guru menekankan pada siswa untuk selalu mengingat-ingat nilai positif yang telah disampaikan ketika di kelas maupun di luar kelas, melalui pembiasaan kegiatan rutin madrasah serta kegiatan extrakurrikuler dan keagamaan. 2) Strategi guru dalam menanamkan nilai sopan santun pada peserta didik di MIN 9 Blitar yaitu dengan membiasakan siswa mengucapkan salam ketika akan memulai pelajaran dan membreri hormat kepada guru, siswa dibiasakan membaca buku HD2SPD sebelum memulai pelajaran, ketika bertemu guru siswa di biasakan di wajibkan mengucapkan salam danmenyapa serta mencium tangan. Selain itu madrasah juga menyediakan poster poster untuk mendukung penanaman nilai-nilai pendidikan karakter seperti poster budaya 6S. 3) Strategi guru dalam menanamkan nilai demokrasi pada peserta didik di MIN 9 Blitar Melalui kegiatan upacara hari senin dan upacara PHBN dan Melalui kegiatan puncak tema outbond/study tour di salah satu tempat wisata di jawa timur serta melaui extrakurikuler. Adapun dampak dari penanaman tersebut bagi siswa yaitu lebih menghargai orang lain, perilaku nakal jauh berkurang, siswa menjadi lebih baik dalam berperilaku, disiplin dan berahklakul karimah Banyak siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Keberhasilan penanaman tersebut tidak terlepas dari beberapa faktor pendukung yaitu faktor dari guru itu sendiri, faktor lingkungan sekolah faktor sarana dan prasana dan faktor dari orang tua/ keluarga. Dalam penanaman nilai pendidikan karakter tersebut bapak/ ibu guru menemui beberapa kendala yaitu faktor latar belakang orang tua wali murid yang beragam, faktor lingkungan peserta didik, faktor cuaca yang tidak menentu, faktor sarana dan prasarana, faktor banyaknya peserta didik yang ada di MIN 9 Blitar. Terkait kendala tersebut MIN 9 Blitar memiliki beberapa solusi yaitu Melakukan pertemuan dengan wali murid 2/ 3 bulan sekali secara bergilir, memberikan sanksi bagi peserta didik yang melanggar tata tertib madrasah, mengontrol peserta didik dan memberikan perhatian serta pendampingan khusus agar tidak ketinggalan dengan temannya dalam pelajaran, mengganti kegiatan outdor menajadi kegiatan indor, menggunakan buku panduan anak sholeh HD2SPD untuk mengontrol kegiatan siswa ketika di rumah maupun di madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153196 YAHYA WIJAYA
Date Deposited: 02 Aug 2019 08:14
Last Modified: 02 Aug 2019 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12696

Actions (login required)

View Item View Item