PEMBERDAYAAN KAUM PEREMPUAN OLEH TOKOH MASYARAKAT DALAM MENUNJANG EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Makmur Di Kelurahan Surondakan Kabupaten Trenggalek)

Astika Suci Wulandari, 17402153398 (2019) PEMBERDAYAAN KAUM PEREMPUAN OLEH TOKOH MASYARAKAT DALAM MENUNJANG EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Makmur Di Kelurahan Surondakan Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemberdayaan Kaum Perempuan Oleh Tokoh Masyarakat Dalam Menunjang Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Makmur di Kelurahan Surondakan Kabupaten Trenggalek)” ini di tulis oleh Astika Suci Wulandari, Nim 17402153398. Pembimbing Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masyarakat petani yang memiliki tingkat kesejahteraan rendah yang mengarah pada tingginya angka kemiskinan. Kelompok wanita tani makmur merupakan wadah untuk para perempuan di Kelurahan Surondakan untuk memberikan akses serta kesempatan dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Dengan melalui kelompok wanita tani diharapkan dapat mampu meningkatkan perekonomian keluarga. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah 1)Bagaimana pemberdayaan kaum perempuan oleh tokoh masyarakat dalam menunjang ekonomi Keluarga di Kelompok Wanita Tani Makmur?, 2)Bagaimana kendala yang dihadapi Kelompok Wanita Tani Makmur dalam menunjang ekonomi keluarga melalui pemberdayaan kaum perempuan oleh tokoh masyarakat?, 3)Bagaimana hasil pemberdayaan kaum perempuan oleh tokoh masyarakat dalam menunjang ekonomi keluarga di Kelompok Wanita Tani Makmur? Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif Pengambilan lokasi penelitian yang dipilih adalah Kelurahan Surondakan Kabupaten Trenggalek. Subyek penelitian ditunjukan pada kaum perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif dengan prosedur yaitu melalui proses pengumpulan data, sumber, analisis dan keabsahan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1)Pemberdayaan kaum perempuan oleh tokoh masyarakat dilakukan dengan memberikan pembinaan melalui pengolahan hasil pertanian berupa produk olahan kue basah dan kue kering. Sehingga para kaum perempuan di Kelurahan Surondakan dapat menumbuhkan skill dalam membuat produk kue yang dapat dijadikan bekal untuk meningkatkan ekonomi. 2)Kendala yang di hadapi oleh kaum perempuan ada dua faktor: Kendala pertama Internal meliputi minimnya modal, Sulitnya bahan baku di dapat dan Kurangnya pengetahuan kaum perempuan dikarenakan sumber daya manusia masih minim. Kendala kedua External meliputi Pemasaran produk kue yang masih belum menggunakan sistem online dan cuaca alam yang tidak bisa di prediksi. 3)Hasil pemberdayaan kaum perempuan diantaranya: para perempuan membentuk suatu Kelompok Wanita Tani Makmur, kelompok ini memiliki omset lumayan tinggi dan juga bisa menunjang ekonomi keluarga. kaum perempuan memiliki kemandirian membuat usaha home industry. kolompok wanita tani makmur secara tidak langsung membuka lapangan pekerjaan untuk kaum perempuan kelurahan Surondakan. Kata Kunci: Pemberdayaan perempuan, ekonomi keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153398 Astika Suci Wulandari
Date Deposited: 02 Aug 2019 06:14
Last Modified: 02 Aug 2019 06:14
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12682

Actions (login required)

View Item View Item