PENGARUH MODEL CREATVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG

RIA FATIMATUS SHOLIKAH, 17204153027 (2019) PENGARUH MODEL CREATVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (931kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang sisi datar Siswa Kelas VIII MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Ria Fatimatus Sholikah, NIM. 17204153027, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Creative Problem Solving, Minat, Hasil Belajar Model pembelajaran CPS merupakan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional mengakibatkan siswa merasa bosan. Khususnya pada pelajaran matematika, siswa merasa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dengan banyaknya angka serta rumus-rumus yang harus dikuasai. Sehingga memicu siswa kurang minat dalam belajar matematika dan juga hasil belajar yang kurang baik. Oleh karena itu, untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui model CPS. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model CPS terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas MTsN 8 VIII Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk, 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model CPS terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model CPS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung, 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model CPS terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 8 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Dalam pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling, dengan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini adalah 1) hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi pembelajaran CPS terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,009 < 0,05 pada taraf sig. 5%, 2) hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi model pembelajaran CPS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,035 < 0,05 pada taraf sig. 5%, 3) hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi model pembelajaran CPS terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,021 0,05 pada taraf sig. 5%

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153027 RIA FATIMATUS SHOLIKAH
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:13
Last Modified: 02 Aug 2019 04:13
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12676

Actions (login required)

View Item View Item