PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 3 BLITAR

MUKHAMAD DODIK SETIAWAN, 17201153329 (2019) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Mukhamad Dodik Setiawan, NIM. 17201153329, pembimbing Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci : Ekstrakurikuler Pramuka dan Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa baik di luar kelas maupun di dalam kelas. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan motivasi belajar siswa di MAN 3 Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap motivasi belajar intrinsik siswa di MAN 3 Blitar ? (2) Adakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap motivasi belajar ekstrinsik siswa di MAN 3 Blitar ? (3) Adakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa secara bersama-sama di MAN 3 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap motivasi belajar siswa di MAN 3 Blitar dan seberapa signifikan pengaruh tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan jenis penelitian expostfacto. Populasi yang dijadikan sasaran adalah kelas X MAN 3 Blitar yang berjumlah 367 siswa, dengan sampel 74 siswa dari kelas X IIS 5 dan X IIK 2 yang diambil dengan teknik sampling, yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan menggunakan skala likert dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar intrinsik siswa di MAN 3 Blitar, dengan hasil signifikansi sebesar 0,000 dan diperoleh thitung > ttabel = 5,212 > 1,665. Hal ini menunjukkan hasil hipotesis H0 ditolak Ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar ekstrinsik siswa di MAN 3 Blitar, dengan hasil signifikansi sebesar 0,000 dan diperoleh thitung > ttabel = 10,061 > 1,665. Hal ini menunjukkan hasil hipotesis H0 ditolak Ha diterima. 3) Ada pengaruh bersama-sama terhadap motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa dilihat dari hasil uji manova yang menunjukkan 4 nomor memberikan nilai P value yang ≤ 0.05, yakni nilai signifikansi Pillai’s Trace sebesar 0,002 ≤ 0.05, nilai signifikansi Wilks’ Lambda sebesar 0,000 ≤ 0.05, nilai signifikansi Hotelling’s Trace sebesar 0,000 ≤ 0.05, dan nilai signifikansi Roy’s Largest Root sebesar 0,000 ≤ 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153329 MUKHAMAD DODIK SETIAWAN
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:30
Last Modified: 05 Aug 2019 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12654

Actions (login required)

View Item View Item