PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA OLIMPIADE DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL

AMANDA ZAHRO MUNFATIKA, 17204153274 (2019) PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA OLIMPIADE DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (859kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengetahuan Prosedural Siswa Olimpiade dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Amanda Zahro Munfatika, NIM 17204153274, dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Pengetahuan Prosedural, Siswa Olimpiade, Soal Cerita. Penelitian ini didasari oleh kurangnya pengetahuan prosedural ssiwa dalam mneyelesaikan suatu masalah pada pembelajaran matematika. Sedangkan, salah satu pengetahuan yang harus dimiliki siswa pada pembelajaran matematika tingkat menengah adalah pengetahuan prosedural. Karena dengan menerapkan pengetahuan prosedural khususnya dalam pembelajaran matematika yang masalahnya berupa soal cerita, maka siswa akan menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalah dengan benar.Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan pengetahuan prosedural siswa olimpiade dalam menyelesaikan soal cerita matematika di SMPN 1 Sumbergempol. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitiatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMPN 1 Sumbergempol. Peneliti mengambil subjek penelitian yaitu siswa olimpiade. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 siswa olimpiade. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan kebasahan data dapat dilihat dari perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu siswa olimpiade matematika di SMPN 1 Sumbergempol belum mampu memahami dengan baik langkah dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika yang diberikan. Tidak semua subjek dapat mengurutkan suatu tindakan dalam menyelesaikan masalah, menerapkan atau menggunakan simbol, keadaan dan proses untuk menyelesaikan masalah dan menjelaskan atau membenarkan satu cara menyelesaikan masalah yang diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153274 AMANDA ZAHRO MUNFATIKA
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:29
Last Modified: 06 Aug 2019 03:29
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12633

Actions (login required)

View Item View Item