PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTSN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

VINA AGUSTIN, 17207153025 (2019) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTSN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Vina Agustin, NIM. 17207153025. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Drs. H. Masduki, M.Ag Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Kinerja Guru. Kepala sekolah berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru. Hal ini tidak terlepas dari tanggung jawab kepala sekolah sebagai seorang pimpinan lembaga pendidikan. Salah satu penentu kinerja guru adalah peran kepala sekolah. Yaitu bagaimana kepala sekolah meningkatkan kinerja guru melalui strategi strategi yang diberikannya. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian dan hasilnya dituangkan dalam Skripsi dengan judul Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Tulungagung. (2) Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Tulungagung. (3) Dampak strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Tulungagung. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui Peran, Strategi dan Dampak strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 Tulungagung sebagai Supervisor, Educator dan Motivator. (2) Strategi yang digunakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja guru di MTsN 2 Tulungagung dibagi menjadi dua bagian, yaitu strategi formal dan no formal. Strategi formal terdiri dari persiapan, metode dan evaluasi kepala sekolah dalam Meningkatkan Kinerja guru, serta beberapa kegiatan pelatihan dan workshop. Sedangkan startegi non Formal terdiri dari pemberian motivasi, Pemberian Reward dan Punishment, dan Pembinaan kedisiplinan. (3) Dampak Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 Tulungagung sebagai berikut: a) Terjadi peningkatan kualitas dari para guru terutama dalam mengelola kelas dengan mengadakan pengawasan secara strategis (Perencanaan, metode dan evaluasi). b) Meningkatkan kemandirian, kompetensi dan terciptanya guru yang mumpuni dalam profesinya masing-masing dan saling membantu antara yang lain apabila ada kekurangan atau kesulitan. c) Guru termotivasi untuk mencari wawasan keilmuan dari berbagai sumber. d) Meningkatkan kinerja yang positif dan produktif. c) Disiplin waktu dan guru berusaha keras untuk disiplin dimana pun berada.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207153025 VINA AGUSTIN
Date Deposited: 02 Aug 2019 03:07
Last Modified: 02 Aug 2019 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12630

Actions (login required)

View Item View Item