PROSES BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII EXCELLENT 1 DI MTSN 1 BLITAR

FATIMATUS ZAHROI, 17204153126 (2019) PROSES BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII EXCELLENT 1 DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (583kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (572kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (754kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB)

Abstract

ABSTRAK: Skripsi dengan judul“Proses Berpikir Reflektif dalam memecahkan maslah matematika ditinjau dari gaya kognitif relektif –impulsif pada materi persamaan gars lurus kelas VIII excellent 1 di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Fatimatus Zahroi, NIM. 17204153126, 2019, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program strata satu IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir Reflektif, Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif, Memecahkan Masalah, Materi Persamaan Garis Lurus. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian guru matematika dalam mengoptimalkan proses berpikir siswa terutama dalam berpikir reflektif. Proses berpikir reflektif juga dipengaruhi oleh perbedaan gaya kognitif karena berhubungan langsung dengan proses penerimaan informasi ketika menghadapi dan menyelesaikan masalah. Salah satu cara guna mengetahui proses berpikir siswa yaitu dengan sering memberikan latihan-latihan soal pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam memecahkan masalah matematika materi persamaan garis lurus kelas VIII di MTs Negeri 01 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes MFFT(Matching Familiar Figure Test), soal tes pemecahan masalah, dan wawancara Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekkan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah peningkatan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif reflektif memenuhi 3 fase berpikir reflektif yaitu (1) fase reacting, siswa mampu menjelaskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dengan baik, siswa juga dapat menjelaskan hubungan antara yang diketahui dan ditanyakan untuk menyusun rencana penyelesaian yang tepat, (2) fase comparing, siswa mengaitkan langkah-langkah penyelesaian dengan permasalahan yang pernah didapatkan, (3) fase contemplating, siswa teliti dalam mengoreksi langkah penyelesaiannya sehingga jawaban siswa cenderung benar. Sedangkan proses berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif impulsif hanya memenuhi beberapa indikator dari fase berpikir reflektif yaitu (1) fase reacting, siswa mampu menjelaskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal akan tetapi siswa kurang dapat menjelaskan dengan baik hubungan antara yang diketahui dan ditanyakan untuk menyusun rencana penyelesaian yang tepat, (2) fase comparing, siswa kurang dapat mengaitkan langkah-langkah penyelesaian dengan permasalahan yang pernah didapatkan, (3) fase contemplating, siswa cenderung tidak tuntas dalam membuat langkah-langkah penyelesaian dan kurang teliti dalam mengoreksi jawabannya sehingga jawaban yang diberikan cenderung salah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153126 FATIMATUS ZAHROI
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:26
Last Modified: 01 Aug 2019 03:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item