KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Zida Amalia, 17204153212 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (748kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Lateral dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa” ini ditulis oleh Zida Amalia, NIM 17204153212, Pembimbing, Dr. Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Berpikir Lateral, Pemecahan Masalah, Bangun Datar, Gaya Belajar. Berpikir lateral merupakan pola berpikir yang tetap menggunakan fakta-fakta yang ada untuk menentukan hasil akhir yang diinginkan dan secara kreatif mencari alternatif pemecahan masalah dari berbagai sudut pandang yang paling mungkin (seringkali berpikir tanpa mengikuti tahap demi tahap) untuk mendukung hasil akhir tersebut. Beralih ke gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur dan mengolah informasi yang diterima. Gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan siswa dalam belajar. Hal inilah yang membuat peneliti ingin mengetahui kemampuan berpikir lateral dalam memecahkan masalah bangun datar ditinjau dari gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah bangun datar, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar visual dalam memecahkan masalah bangun datar, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B MTsN 1 Tulungagung yang terdiri dari 2 subjek auditorial, 2 subjek visual dan 2 subjek kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) Kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar auditorial mampu mengenali ide dominan dari masalah yang sedang dihadapi, cenderung menggunakan satu cara untuk memecahkan permasalahan, cenderung tidak dapat melonggarkan kendali cara berpikir yang kaku dan mampu menggunakan ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru namun langkah-langkah yang dihasilkan cenderung umum sesuai dengan apa yang diajarkan oleh gurunya dan meskipun cenderung menghasilkan satu cara, namun bernilai benar. (2) Kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar visual mampu mengenali ide dominan dari masalah yang sedang dihadapi, cenderung menggunakan lebih dari satu cara untuk memecahkan permasalahan, cenderung dapat melonggarkan kendali cara berpikir yang kaku, mampu menggunakan ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru, langkah-langkah yang dihasilkan cenderung inovatif dan acak namun logis serta menghasilkan lima cara berbeda yang bernilai benar. (3) Kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu mengenali ide dominan dari masalah yang sedang dihadapi, mampu menggunakan lebih dari satu cara untuk memecahkan permasalahan, cenderung dapat melonggarkan kendali cara berpikir yang kaku, mampu menggunakan ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru, langkah-langkah yang dihasilkan cenderung inovatif, acak dan menggunakan cara cepat namun logis serta menghasilkan enam cara berbeda yang bernilai benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153212 Zida Amalia
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:06
Last Modified: 01 Aug 2019 03:06
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12621

Actions (login required)

View Item View Item