Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Keliling dan Luas Bangun Segi Empat Di MTs Negeri Tunggangri Tahun Ajaran 2013/2014

Marzuqi, Lubis (2014) Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Keliling dan Luas Bangun Segi Empat Di MTs Negeri Tunggangri Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK Lubis (IND).docx

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_RUJUKAN.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi, dan Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam permasalahan yang dialami siswa dalam aktifitas belajar matematika. Permasalahan tersebut dapat berasal dari luar atau dalam diri siswa itu sendiri. Sehingga dibutuhkan karakter atau kepribadian yang cerdas serta dorongan untuk dapat menghadapi berbagai masalah yang dihadapi dalam aktifitas belajar. Kecerdasan emosional dan motivasi merupakan konsep mengenai bagaimana seseorang dapat meningkatkan kualitas kepribadiannya sehingga dapat mengatasi segala macam permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan keberadaan kecerdasan emosional dan motivasi seseorang akan mampu menghadapi dan mengatasi segala hambatan khususnya dalam belajar matematika. Sehingga pada gilirannya akan memberikan pengaruh pada kualitas belajar dan hasil belajar matematika yang diraih di sekolah. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 1 MTs Negeri Tunggangri tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 10 kelas. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh satu kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VII C. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket, dokumentasi serta observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang keberadaan kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa MTsN Tunggangri yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar matematika siswa, jumlah populasi, tata letak bangunan madrasah serta foto-foto penelitian. Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan beberapa metode di atas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus analisis regresi berganda. Pada rumusan masalah satu diperoleh nilai Fhitung = 6,895 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan Ftabel = 4,08 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian Fhitung > Ftabel akibatnya H1 yang diajukan diterima yaitu “Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Tunggangri tahun ajaran 2013/2014”. Pada rumusan masalah kedua diperoleh nilai Fhitung = 25,007 sedangkan Ftabel = 4,08 pada taraf signifikansi 5%. Karena Fhitung > Ftabel maka H1 yang diajukan diterima sehingga “Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Tunggangri tahun ajaran 2013/2014”. Pada rumusan masalah ketiga diperoleh nilai Fhitung = 6,332 dan Ftabel = 3,25 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga Fhitung > Ftabel akibatnya H1 yang diajukan diterima sehingga “Ada pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Tunggangri tahun ajaran 2013/2014”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Nov 2014 01:46
Last Modified: 05 Nov 2014 01:46
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item