PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN CORE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KRAS KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019

ULVA TUZZAHROH, 17204153102 (2019) PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN CORE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KRAS KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (850kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (599kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (772kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (809kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (734kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (762kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (649kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB)

Abstract

ABSTRAK: Skripsi dengan judul “Perbedaan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan CORE pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Dai SMPN Negeri 1 Kras Kediri Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Ulva Tuzzahroh, NIM.17204153102, Pembimbing Dr.Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Minat, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan CORE. Penelitian ini membahas tentang perbedaan minat dan hasil belajar melalui model pembelajaran learning cycle 5e dan CORE. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar, serta kurangnya variasi model pembelajaran. Pembelajaran yang banyak dilakukan adalah dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran konvensional membuat siswa kurang aktif saat pembelajaran, kurang yakin saat mengerjakan tugas secara individu, serta kurangnya minat siswa dalam belajar. Hal ini mengakibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras medapatkan hasil belajar yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan minat dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle 5e dan CORE pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII 2) Untuk mengetahui besar perbedaan minat dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle 5e dan CORE pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Negeri 1 Kras Kediri. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling , dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII E sebagai kelas Eksperimen 2. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data berupa: 1) observasi, 2) tes tulis, 3) angket minat, 4) dokumentasi. Dari data yang diperoleh dilakukan uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat berupa uji homogenitas dan uji normalitas, serta uji hipotesis berupa uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaaan minat dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran learning cycle 5E dan CORE. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikan sebesar 0,0875 yang lebih besar dari 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153102 ULVA TUZZAHROH
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:14
Last Modified: 01 Aug 2019 03:14
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12586

Actions (login required)

View Item View Item