PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI MA’ARIF TALOK GARUM BLITAR

USWATUN CHASANAH, 17205153097 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI MA’ARIF TALOK GARUM BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Ma’arif Talok Garum Blitar” ini ditulis oleh Uswatun Chasanah, NIM 17205153097, jurusan PGMI, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh H. Abdulloh Chakim, S. Ag, M. Pd. Kata kunci, Student Teams Achievement Division, minat belajar. hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran fikih yang hanya menggunakan model konvensional sehingga pembelajaran yang dilaksanakan sangat monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Sehingga minat dan hasil belajar siswa masih banyak yang kurang maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang efektif yang mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran fikih tersebut. Salah satu dari inovasi tersebut yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Talok Garum Blitar tahun ajaran 2018/2019, (2) untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Talok Garum Blitar tahun ajaran 2018/2019, (3) untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Talok Garum Blitar tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Ma’arif Talok sebanyak 53 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan uji validitas, reliabilitas, homogenitas, normalitas, uji independent t-test dan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan positif model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap minat belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Talok Garum Blitar Tahun Ajaran 2018/2019 menggunakan uji independen sampel t-test dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 (2) ada pengaruh yang signifikan positif model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Talok Garum Blitar Tahun Ajaran 2018/2019 2019 menggunakan uji independen sampel t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) ada pengaruh yang signifikan positif model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Talok Garum Blitar Tahun Ajaran 2018/2019 menggunakan uji manova menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153097 USWATUN CHASANAH
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:23
Last Modified: 01 Aug 2019 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item View Item