STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI HUKUM BACAAN TAJWID MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADITS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

HANDIKA DIYAH SAPUTRI, 17205153307 (2019) STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI HUKUM BACAAN TAJWID MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADITS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Hukum Bacaan Tajwid Mata Pelajaran Al-Qur`an Hadits Kelas IV di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Handika Diyah Saputri, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM: 17205153307, Pembimbing Dr. H. Kojin, MA. Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar,Hukum Bacaan Tajwid, Al-Qur`an Hadits Dalam proses pembelajaran di sekolah, setiap guru senantiasa mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa siswa yang menunjukkan gejala tidak dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan, salah satu hambatan dalam mencapai kompetensi adalah kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan penyakit pada suatu proses pembelajaran, tentu saja kesulitan belajar ini sangat menghambat dalam belajar apalagi mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, terdapat beberapa siswa yang menunjukkkan gejala tidak dapat mencapai hasil yang diharapkan baik dalam menghafal, memahami materi dan sebagainya. Untuk itu guru perlu melakukan strategi dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) bagaimanakah strategi guru mengatasi kesulitan belajar siswadalam memahami hukum bacaan tajwid pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadits kelas IV MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru mengatasi kesulitan belajar siswadalam memahami hukum bacaan tajwid pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadits kelas IV MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (3) bagaimana evaluasi guru mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami hukum bacaan tajwid pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadits kelas IV MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan pola penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara dalam melakukan teknik keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar, oleh karena itu penelitian dapat diuraikan sebagai berikut: (1) strategi guru mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami hukum bacaan tajwid mata pelajaran Al-Qur`an Hadits kelas IV di MI Tarbiyatussibyan adalah penguasaan materi sebelum masuk kelas, penggunaan metode yang tepat, yang biasanya digunakan yaitu strategi ekspositori dengan menggunakan metode ceramah, metode kooperatif atau kelompok, metode permainan, metode drill dan juga metode reward, mendisiplinkan siswa, pemberian motivasi. (2) Faktor pendukung dan penghambat guru mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami hukum bacaan tajwid mata pelajaran Al-Qur`an Hadits kelas IV di MI Tarbiyatussibyan: Faktor pendukung yaitu: adanya minat dari siswa, teman sekelas, tingkat kecerdasan yang tinggi, adanya ekstra. Sedangkan Faktor penghambatnya yaitu: kurang adanya kesadaran dari siswa, waktu sekolah dan jam pelajaran, tingkat kecerdasan sebagian siswa yang di bawah standart, lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga. (3) evaluasi guru mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami hukum bacaan mata pelajaran Al-Qur`an Hadits kelas IV di MI Tarbiyatussibyan adalah evaluasi dalam bentuk tulisan, evaluasi dalam bentuk lisan, dan remidial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153307 HANDIKA DIYAH SAPUTRI
Date Deposited: 01 Aug 2019 06:49
Last Modified: 01 Aug 2019 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12574

Actions (login required)

View Item View Item