Profesionalitas Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Ngadri Binangun Blitar

Fia Kholida, Amin (2012) Profesionalitas Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Ngadri Binangun Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
Profesionalitas guru dalam pengembangan bahan ajar Al Qur'an Hadits di MTs Sunan Kalijogo Ngadri .doc

Download (143kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Profesionalitas Guru, Bahan Ajar. Dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru sangat membtuhkan bahan ajar sebagai acuhan dalam memberikan materi pelajaran begitu pula siswa membutuhkan panduan dan pedoman guna mempelajari materi yang diberikan guru agar siap menerima materi yang akan disampaikan oleh guru. Agar guru benar-benar memiliki keterampilandan kemampuan dalam menyusun bahan ajar maka diperlukan sekali keahlian guru, maka dari ituguru dituntut untuk profesional dibidangnya masing-masing. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis melakukan penelitian di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Ngadri Binangun Blitar dengan fokus penelitian (1) Bagaimana persiapan guru dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Sunan Kalijogo Ngadri Binangun Blitar? (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Sunan Kalijogo Ngadri Binangun Blitar? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Sunan Kalijogo Ngadri Binangun Blitar? Adapun tujuan dari pembahasan di atas adalah (1) Untuk mendeskripsikan persiapan guru dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Sunan Kalijogo Ngadri Binangun Blitar (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Sunan Kalijogo Ngadri Binangun Blitar (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru PAI dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Sunan Kalijogo Ngadri Binangun Blitar Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan yang menjadi sumber dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, kepala MTs Sunan Kalijogo Ngadri dan siswa kelas VII. Untuk pengumpulan data yang diperlukan, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang peneliti peroleh dari observasi, interview dan dokumentasi menggunakan teknik analisa data riset deskriptif yang bersifat eksploratif bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena tertentu. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantaranya adalah (1) Persiapan yang telah dilakukan guru Al-Qur’an Hadits MTs Sunan Kalijogo Ngadri dalam mengembangkan bahan ajar adalah dengan membuat program tahunan, program semester, silabus dan RPP sebagai acuan dalam kegiatan belajar dan pembelajaran. Selain itu juga melakukan persiapan situasi dan persiapan terhadap siswa yang akan dihadapi (2) Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahan Ajar, diantaranya (a) Melakukan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), kegiatan ini dilakukan sesuai dengan rumpun mata pelajaran masing-masing untuk membahas materi, pembuatan silabus dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penyampaian mata pelajaran masing-masing guru. Hal ini dilakukan pada tingkat guru sekolah, tingkat diknas, tingkat depag se kabupaten dan nasional (b) Hafalan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits serta menugaskan para siswa untuk membuat makalah dan artikel baik individu maupun kelompok, dengan begitu mereka bisa ikut terjun langsung dan berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta tidak lagi berpacu pada guru (3) Evaluasi Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Al-Qur’an Hadits dilakukan dengan cara evaluasi teman sejawat ataupun uji coba kepada siswa secara terbatas serta penilaian pada akhir program belajar mengajar (penilaian formatif), penilaian yang dilakukan pada akhir unit program, yaitu akhir semester dan akhir tahun (penilaian sumatif). Selain itu, dilakukan juga pengajaran remidial yang merupakan bagian dari penilaian diagnostik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:24
Last Modified: 11 Feb 2015 04:24
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1253

Actions (login required)

View Item View Item