Penerapan Pembelajaran Model E-Learning Berbasis Website Moodle Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Durenan Tahun Ajaran 2011/2012

Muhamad Nuril, Arham (2012) Penerapan Pembelajaran Model E-Learning Berbasis Website Moodle Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Durenan Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
bungkus depan.docx

Download (96kB)
[img] Text
cov - lamp.docx

Download (39kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (22kB)
[img] Text
revisi bab 1.docx

Download (42kB)
[img] Text
revisi bab 2.docx

Download (67kB)
[img] Text
revisi bab 3.docx

Download (50kB)
[img] Text
revisi bab 5.docx

Download (25kB)
[img] Text
1-5.docx

Download (2MB)
[img] Text
revisi bab 4.docx

Download (2MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: e-learning, website moodle. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Durenan khususnya materi bangun ruang sisi datar. Selain itu permasalahan juga karena metode pembalajarn yang digunakan guru pengampu mata pelajaran kurang menarik. Oleh karena itu untuk meningkatkan pprestasi belajar siswa peneliti menerapkan pembelajaran model e-learning berbasis website MOODLE. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII C SMPN 2 Durenan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran model e-learning berbasis website MOODLE sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMPN 2 durenan tahun ajaran 2011/2012? (2) Bagaimana prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMPN 2 durenan tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan pembelajaran model e-learning berbasis website MOODLE? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model e-learning berbasis website MOODLE sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMPN 2 durenan tahun ajaran 2011/2012. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMPN 2 durenan tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan model e-learning berbasis website MOODLE. Skripsi ini bermanfaat bagi Peneliti untuk menambah wawasan dan pemahaman dari obyek yang diteliti guna penyempurnaan dan bekal di masa yang berikutnya. Bagi guru sebagai alternatif model pembelajaran matematika guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman, keaktifan, kreatifitas siswa, sehingga siswa mudah memecahkan masalah baik dalam pembelajaran matematika maupun kehidupannya. Bagi sekolah sebagai masukan untuk menentukan haluan kebijakan dalam membantu meningkatkan kreatifitas siswa. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi dalam melakukan penelitian yang lebih lanjut. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, obsercasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus penelitian. Analisis data yang dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian, (1) pada siklus pertama banyak kendala yang muncul. Kendala yang paling banyak muncul adalah kesulitan siswa untuk mengoprasikan web moodle. Sehingga siswa tidak bisa mnegikuti kegiatan pembeljaran dengan baik dan prestasi belajar siswa belum meningkat terlalu banyak. (2) pada siklus kedua masalah pertama sudah teratasi. Akan tetapi beberapa siswa masih perlu pendampingan dalam kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar siswa meningkat 55 % dari dari siklus pertama (3) pada siklus ketiga penelitian dihentikan karena tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 86%. Prestasi belajar siswa meningkat cukup banyak. (4) Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model e-learning berbasis website MOODLE dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Dan pembelajaran model e-learning dapat digunakan sebagai alternatif metode mengajar yang lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:22
Last Modified: 11 Feb 2015 04:22
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item View Item