SITI NURUL HIDAYATI, 17205153293 (2019) PENGARUH PENERAPAN AKTUALISASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA ORANG MUNAFIK (STUDY QUASI EKSPERIMEN DI KELAS IV MIN 4 TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (144kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Penerapan Aktualisasi Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak pada materi Menghindari akhlak tercela orang munafik (Study Quasi Eksperimen di kelas IV MIN 4 Tulungagung)” ini ditulis oleh Siti Nurul Hidayati NIM. 17205153293, pembimbing Dr H. Syamsun Ni’am, M. Ag. Kata Kunci: Model pembelajaran Mind Mapping, Motivasi belajar, Hasil Belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan aktualisasi model pembelajaran Mind Mapping terhadap motivasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela orang munafik (study quasi eksperimen di kelas IV MIN 4 Tulungagung? 2) Adakah pengaruh penerapan aktualisasi model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela orang munafik (study quasi eksperimen di kelas IV MIN 4 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Posttes-only Control Group Design. Tehnik dan instrument pengumpulan data berupa angket, tes, dokumentasi. Uji yang digunakan adalah analisis uji t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t-tes pada motivasi sebesar 0,018 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t-tes hasil belajar sebesar 0,028 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil uji manova diperoleh nilai Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’ Largest Root memiliki signifikansi 0,013 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153293 SITI NURUL HIDAYATI |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 03:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 03:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12516 |
Actions (login required)
View Item |