PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR AKSARA “ROPUSA” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS III MI BAITUR ROHMAN BANTENGAN BANDUNG TULUNGAGUNG

Siti Mambau Sururunni’mah, 12505174048 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR AKSARA “ROPUSA” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS III MI BAITUR ROHMAN BANTENGAN BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (800kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (976kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Roda Putar Aksara “ROPUSA” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Mambau Sururunni’mah dibimbing oleh Dr. Jazeri, M.Pd., dan Dr. H. Teguh, M.Ag. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Roda Putar Aksara, Aksara Jawa Pengembangan media Roda Putar Aksara “ROPUSA” ini didasarkan pada observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti. Melalui observasi tersebut peneliti menemukan belum tersedianya media pembelajaran yang dapat mengenalkan aksara Jawa dan mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa peserta didik sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik di lapangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pengembangan media roda putar aksara “ROPUSA” untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung? (2) Bagaimanakah efektivitas penggunaan media roda putar aksara “ROPUSA” untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung? Tesis ini bertujuan untuk (1) Memaparkan proses pengembangan media roda putar aksara “ROPUSA” untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung (2) Memaparkan efektivitas penggunaan media roda putar aksara “ROPUSA” untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung. Pendekatan yang diigunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahapan diantaranya adalah (1) Penelitian dan pengumpulan informasi (2) Perencanaan (3) Pengembangan design awal produk (4) Validasi produk (5) Revisi hasil validasi produk (6) Uji coba produk (7) Revisi hasil uji coba lapangan dan penyempurnaan. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan (1) Temuan permasalahan tentang kebutuhan media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar pengenalan Aksara Jawa dan mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa. Media pembelajaran yang dihasilkan berupa media Roda Putar Aksara “ROPUSA” yang mengusung tema “Belajar sambil Bermain”. Artinya, selain dapat bermain peserta didik juga dapat belajar memahami dan menghafalkan macam-macam Aksara Jawa legena. Mengusung tampilan dengan penuh warna, media pembelajaran ini bertujuan untuk menarik minat peserta didik agar termotivasi untuk belajar Aksara Jawa legena sehingga hasil belajar pun meningkatkan. (2) Hasil validasi produk oleh ahli media sebesar 87,90% dari ahli media pertama dan 89,38% dari ahli media kedua. Hasil analisis validasi materi oleh ahli materi sebesar 76,34% dan uji lapangan terhadap guru pengampu sebesar 98,96%. Sementara hasil belajar peserta didik pada pre test memperoleh rata-ratasebesar 62,62 dan pada pelaksanaan post test memperoleh rata-rata sebesar 85,62. Adapun prosentase ketuntasan pada saat pre test hanya sebesar 57,70% dan meningkat pada saat post test menjadi 100% dengan perolehan nilai terendah 79 dan nilai tertinggi 100. Data diatas menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media Roda Putar Aksara “ROPUSA” yang telah dikembangkan terhadap peningkatan hasil belajar kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung. Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa produk pengembangan media Roda Putar Aksara “ROPUSA” ini memang valid dan efektif serta layak untuk digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar. Bagi sekolah yang memiliki permasalahan dalam mengenalkan aksara Jawa, dapat menerapkan media Roda Putar Aksara “ROPUSA” bagi peserta didik kelas III SD/MI.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174048 Siti Mambau Sururunni’mah
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:50
Last Modified: 21 Aug 2019 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12496

Actions (login required)

View Item View Item