PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2018/2019

PUTRI EFITA ANDIRASARI, 17205153110 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri Efita Andirasari, NIM. 17205153110, 2018. “Pengaruh Gaya Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir”, Program S1, Program Studi PGMI, IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci : Gaya Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar, Matematika Latar belakang penelitian ini didasarkan pada sebuah teori dari Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam bukunya Quantum Learning, yaitu: “gaya belajar merupakan suatu kombinasi dari bagaimana ia menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi.” Dengan memahami gaya belajarnya siswa dapat memaksimalkan belajarnya yang sesuai dengan gaya belajar mereka masing masing. Sehingga hasil yang dicapai peserta didik dapat tercapai dengan baik. Selain gaya belajar minat juga memengaruhi pada hasil belajar siswa. minat belajar adalah kecenderungan individu untuk memiliki rasa senang tanpa ada paksaan sehingga dapat menyebabkan perubahan pengetahuan, ketrampilan dan tingkah laku. Sehingga dengan adanya minat yang kuat dari peserta didik untuk belajar maka hasil belajar akan meningkat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika kelas V di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir. (2) Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika kelas V di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir. (3) Apakah ada pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika kelas V di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Al-Hidayah 01 Betak. (2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Al-Hidayah 01 Betak. (3) Untuk mengetahui pengaruh gaya dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Al-Hidayah 01 Betak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengukur gaya dan minat belajar masing-masing siswa. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang. Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153110 PUTRI EFITA ANDIRASARI
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:36
Last Modified: 29 Jul 2019 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12493

Actions (login required)

View Item View Item