STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MIN 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019

LIA PITRIANA, 2817133089 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MIN 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lia Pitriana, 2817133089, 2019, “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Peserta Didik di MIN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurua (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi bahwa motivasi merupakan salah satu aspek dinamis yang sangat penting didalam proses menghafal Al-Qur’an. Dengan adanya motivasi dalam diri peserta didik, proses menghafal akan lebih maksimal. Banyak peserta didik kurang berprestasi bukan disebabkan oleh kemampuannya yang kurang, akan tetapi tidak adanya motivasi untuk belajar. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa peserta didik yang berpresasi rendah belum tentu disebabkan oleh kemampuannya yang rendah. Akan tetapi biasanya disebabkan oleh tidak adanya dorongan atau motivasi dalam peserta didik tersebut. Oleh karena itu guru MIN 1 Trenggalek dituntut harus mempunyai strategi dalam meningkatkan motivasi peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an. Supaya peserta didik yang malas, jenuh, bosan dalam menghafal Al-Qur’an tidak berhenti ditengah jalan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik dalam menghafal Al Qur’an pada Peserta Didik di MIN 1 Trenggalek ?, (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik dalam menghafal Al Qur’an pada Peserta Didik di MIN 1 Trenggalek ?, (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik dan intrinsik dalam menghafal Al Qur’an pada Peserta Didik di MIN 1 Trenggalek ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik dalam menghafal Al Qur’an pada Peserta Didik di MIN 1 Trenggalek, (2) Mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik dalam menghafal Al Qur’an pada Peserta Didik di MIN 1 Trenggalek, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik dan intrinsik dalam menghafal Al Qur’an pada Peserta Didik di MIN 1 Trenggalek. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis penelitian kualitatif-deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan tiga tahapan berupa reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian adalah: (1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik menghafal Al-Qur’an pada peserta didik di MIN 1 Trenggalek terdapat beberapa strategi diantaranya yaitu : (a) adanya minat, (b) adanya kemauan, (c) adanya ketertarikan, (d) adanya cita-cita, dan (e) adanya tujuan, (2) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik menghafal Al-Qur’an pada peserta didik diantarnya yaitu : (a) pemberian penghargaan, (b) pemberian perhatian, dan (c) pemberian pujian. (3) Faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik menghafal Al-Qur’an pada peserta didik diantaranya yaitu : (a) kurang adanya minat dan semangat serta (b) kurang adanya dukungan. Sedangkan Faktor pendukungnya yaitu : (a) motivasi, (b) adanya buku gratis dari sekolah, (c) diajarkan oleh guru professional, (d) manajemen waktu, dan (e) kecerdasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133089 LIA PITRIANA
Date Deposited: 30 Sep 2019 06:52
Last Modified: 30 Sep 2019 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12485

Actions (login required)

View Item View Item