PENGARUH SNOWBALL THROWING TERHADAP KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SITI NUR AISYAH AZZAHRO, 17205153046 (2019) PENGARUH SNOWBALL THROWING TERHADAP KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Snowball Throwing Terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Nur Aisyah Azzahro, NIM. 17205153046, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Snowball Throwing, Konsentrasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Guru dalam menyusun Rencana Program Pembelajaran yang digunakan hanya mengutamakan materi dan evaluasi pembelajaran yang berlangsung kurang bermakna,kurang menarik dan siswa kurang memiliki pengalaman belajar yang bervariasi. Peserta didik di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung merasa kurang tertarik pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sehingga berdampak pada rendahnya konsentrasi dan hasil belajar peserta didik, oleh sebab itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat membuat konsentrasi dan hasil belajarnya lebih baik, yaitu dengan model pembelajaran snowball throwing. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh Snowball Throwing terhadap konsentrasi belajar peserta didik Kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (2) Adakah pengaruh Snowball Throwing terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (3) Adakah pengaruh Snowball Throwing terhadap konsentrasi dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh Snowball Throwing terhadap konsentrasi belajar peserta didik kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung (2) Untuk menjelaskan pengaruh Snowball Throwing terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung (3) Untuk menjelaskan pengaruh Snowball Throwing terhadap konsentrasi dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Yang dijadikan sampel seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 49 peserta didik. Dengan rincian kelas IV Dzulkifli (kelas eksperimen) 25 peserta didik dan kelas IV Harun (kelas kontrol) 24 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu dengan normalitas dan homogenitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan uji t angket konsentrasi diproleh nilai Sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan snowball throwing terhadap konsentrasi belajar matematika peserta didik kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. (2) Berdasarkan perhtitungan uji t post test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,037 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan snowball throwing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. (3) Berdasarkan perhitungan uji manova angket konsentrasi dan post test diperoleh nilai ke-empat p-value (sig) sebesar 0,00. 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan snowball throwing terhadap konsentrasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1 7205153046 SITI NUR AISYAH AZZAHRO
Date Deposited: 26 Jul 2019 03:53
Last Modified: 26 Jul 2019 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

View Item View Item