Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Mind Mapping Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kalidawir

Ema Destriana, 17204153020 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Mind Mapping Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kalidawir. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (986kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (129kB)

Abstract

Ema Destrina, 17204153020, 2019 “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Mind Mapping Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kalidawir”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagunng. Pembimbing: Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D Kata Kunci: discovery learning, mind mapping, minat belajar, hasil belajar Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa guna mencapai keberhasilan belajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan menarik sehingga siswa akan lebih semangat belajar. Yaitu dengan meggunakan perpaduan model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping. Model pembelajaran ini berfokus pada penyelesaian masalah yang memberikan kesempatan siswa untuk bisa lebih aktif dan mampu menemukan suatu konsep dan selanjutnya dipetakan dalam sebuah catatan yang efektif dan menarik berupa simbol, gambar, garis lengkung, warna-warna dll sehingga memudahkan siswa mengingat pelajaran serta menumbuhkan semangat belajar yang akan berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test dan anova 2 arah atau MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Independent sample t-test digunakan pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap minat belajar matematika siswa dan pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir. Adapun MANOVA digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir, dengan nilai sig. 0,000. 2) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir, dengan nilai sig 0,014. 3)Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis mind mapping terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir, dengan nilai sig. 0,000

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153020 Ema Destriana
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:21
Last Modified: 05 Aug 2019 02:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12474

Actions (login required)

View Item View Item