PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

MOH. MALIK AMIRUDIN, 17201153422 (2019) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (921kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (922kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Moh. Malik Amirudin NIM. 17201153422. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. H. Zaini, S.Ag. M.Pd.I. Kata kunci : Metode Pembelajaran Role Playing, Motivasi, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Proses pembelajaran dirasa kurang menarik, peserta didik kurang semangat dan kurang aktif dengan metode ceramah, sehingga berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian diperlukan perubahan yaitu salah satunya dengan perubahan penerapan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa serta menyukai mata pelajaran Pelajaran Pendidikan Agama yaitu metode Role Playing. Diharapkan dengan metode yang baru ini peserta didik termotivasi dan hasil belajar mencapai KKM yang sudah ditentukan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut Tulugagung. (2) Apakah ada pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut Tulugagung. (3) Apakah ada pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut Tulugagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi belajar peserta didik SMPN 1 Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMPN 1 Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen penuh, desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-F 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E 32 siswa sebagai kelas kontrol SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan uji manova, yang sebelunya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan uji-t angket motivasi diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,003 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga ditolak dan diterima meskipun pengaruhnya sangat lemah karena diambang minimal, (2) Berdasarkan perhitungan uji-t post test diperoleh nilai sig.(2- tailed) = 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut Tulungagung, (3) Berdasarkan perhitungan uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai keempat p-value (sig) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi belajar dan hasil pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153422 MOH. MALIK AMIRUDIN
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:48
Last Modified: 29 Jul 2019 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12447

Actions (login required)

View Item View Item