UPAYA GURU AL-QURAN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

MUHAMMAD SYAHRIZA, 17201153154 (2019) UPAYA GURU AL-QURAN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (261kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Upaya Guru AL- Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” yang ditulis oleh Muhammad Syahriza, nim: 17201153154, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Yang dibimbing oleh Faizzatul Istiqomah, M.Ed Kata Kunci: Upaya Guru AL- Qur’an Hadits, Kesulitan Belajar Siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah biasanya kita temui siswa-siswi pada sekolah tersebut mengalami kesulitan belajar, terlebih pada mata pelajaran AL-Qur’an Hadits, kesulitan belajar tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Jika kesulitan-kesulitan yang ada itu tidak di atasi dan dicarikan solusinya dengan seksama maka akan mempengaruhi pada keberhasilan belajar siswa-siswi. Oleh karena itu, berbagai pihak yang bersangkutan yaitu Guru AL-Qur’an Hadits berusaha mengatasinya dengan berbagai cara agar tercapai tujuan pendidikan yang seoptimal mungkin. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: (1) Untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang di hadapi oleh siswa Kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru al- qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru al-qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Pendektan yag digunakan dalam penelitian ini adalah kualitratif. Lokasi penelitian terletak di MTs Darul Huda . Data yang peneliti dapatkan dari, guru al-qur’an hadits dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa-siswi kelas VIII A pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits yaitu: Memahami materi pelajaran Al Qur’an Hadits, Menghafal ayat Al Qur’an dan Hadits, Mempraktekkan hukum bacaan (tajwid), 2) Cara guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar sudah diterapkan pada siswanya dengan cukup baik. Adapun bentuknya meliputi: Guru Al Qur’an Hadits membentuk kelompok siswa untuk membuat rangkuman tentang penjelasan materi, Guru mendemonstrasikan bacaan ayat Al Qur’an dan Hadits serta melatih siswa membaca ayat tersebut secara perorangan maupun kelompok, Memberikan latihan-latihan secara individu maupun kelompok baik di sekolah ataupun di rumah, Senantiasa memberikan motivasi, Memahami materi dengan model permainan seperti adu cepat tempel kertas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153151 RISMA DWI PERMADI
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:49
Last Modified: 25 Jul 2019 08:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item