PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MI PODOREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ESA DARMAWAN, 17205153366 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MI PODOREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Podorejo Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Esa Darmawan, NIM. 17205153366, pembimbing Bu Mirna Wahyu Agustina, M. Psi. Kata Kunci: Inkuiri, Hasil Belajar IPA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi belajar IPA di sekolah, yang hasil belajarnya rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode pembelajaran inkuiri terbimbing dalam proses belajar mengajar di harapkan dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPA, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Podorejo kabupaten Tulungaung? 2) Adakah perbedaan kelas yang diajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pembelajaran konvensional? Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI MI Podorejo kabupaten Tulungagung. 2) Untuk mengetahui perbedaan kelas yang diajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah siswa kelas IV, V, dan VI MI Podorejo Tulungagung yang berjumlah 108 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas IV- A dan kelas IV- B dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling atau sampel bertujuan. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode tes. Penelitian ini menggunakan uji instrumen validitas dan reliabilitas selanjutnya terdapat uji prasyarat hipotesis uji homogenitas dan normalitas kemudian dilakukan uji t-test, gain-test Hasil penelitian ini 1) Ada pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Podorejo Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 2,494 > 2,021. Dan Sig.(2-tailed) 0,017 < 0,05 = 1,7 % < 5% , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada hasil pengujian post test MI Podorejo Kabupaten Tulungagung. 2) Ada peningkatan hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran inkuiri. Berdasarkan uji gain score kelas kontrol yaitu 30% > 12%. Jadi terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran inkuiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153366 MUHAMMAD ESA DARMAWAN
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:25
Last Modified: 25 Jul 2019 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12428

Actions (login required)

View Item View Item