BENTUK KECERDASAN SISWA KELAS IV DAN V DALAM PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IRSHAD KARANGBENDO BLITAR

DISCHA MEIDA OKTAVIRANI, 17204153207 (2019) BENTUK KECERDASAN SISWA KELAS IV DAN V DALAM PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IRSHAD KARANGBENDO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Bentuk Kecerdasan Siswa Kelas IV dan V Dalam Program Full Day School di Madrasah Ibtidaiyah Al-Irshad Karangbendo Blitar” ini ditulis oleh Discha Meida Oktavirani, Nim 17205153207, dengan dosen pembimbing Dr. Sokip, M.Pd.I Kata kunci : Kecerdasan Siswa, Program Full Day School Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan yaituprogram Full Day School yang sangat penting dan sudah banyak diterapkan. Permasalahan di dalam program full day school tersebut yang menjadi sorotan adalah tingkat kecerdasan siswanya yang mengacu pada 3 ranah dalam taksonomi Bloom yaitu : kognitif, afektif dan psikomotorik. Maka dari itu Madrasah Ibtidaiyah Al-Irshad Karangbendo Blitar menerapkan program full day school untuk membentuk 3 ranah kecerdasan siswa menjadi lebih baik dan terarah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa bentuk dari kecerdasan kognitif siswa kelas IV dan V dalam program full day school di Madrasah Ibtidaiyah Al-Irshad Karangbendo Blitar ? (2) Apa bentuk dari kecerdasan afektif siswa kelas IV dan V dalam program full day school di Madrasah Ibtidaiyah Al-Irshad Karangbendo Blitar? (3) Apa bentuk dari kecerdasan psikomotorik siswa kelas IV dan V dalam program full day school di Madrasah Ibtidaiyah Al-Irshad Karangbendo Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembentukan kognitifnya menggunakan program full day school, pembentukan afektifnya serta mendiskripsikan pembentukan psikomotoriknya. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan pendekatan kulitatif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti mengunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan data-data verbal yang meliputi pembahasaan yang tajam, Objektif, Jelas dan ringkas. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengujian Credibility, Pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujian confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bentuk dari kognitif siswa kelas IV dan V dalam program full day school yakni siswa mampu di dalam pengetahuan atau ingatannya, siswa mampu memahami sesuatu yang di ajarkan di dalam full day school, dan siswa mampu dalam hal menerapkan. (2) bentuk dari afektif siswa kelas IV dan V yaitu siswa mampu menerima atau mereceivinghal-hal yang diajarkan diseolah, lalu siswa bisa menanggapi dengan baik perilaku disekitarnya serta siswa mampu menilai (valuing) perilaku yang baik atau tidak. (3) bentuk dari psikomotorik siswa kelas IV dan V dalam program full day school di MIAl-Irshad ini yakni dilihat ketika siswa melakukan ektrakulikulernya yaitu siswa mampu mempraktekkan dan siswa tepat dalam hal menirukan gaya gerak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17204153207 DISCHA MEIDA OKTAVIRANI
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:21
Last Modified: 02 Aug 2019 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12426

Actions (login required)

View Item View Item