PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII MTS ASSYAFI'IYAH GONDANG

DWI NIKMATU ROHMAH, 17208153024 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII MTS ASSYAFI'IYAH GONDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (931kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (728kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci :Problem Based Learning, Motivasi, dan Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pelajaran IPA di MTs, dimana siswa kurang menguasai dan memahami pada pelajaran IPA khususnya materi pencemaran lingkungan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode PBL. Penggunaan metode PBL ini dalam proses pembelajaran dapat membantu meningkatkanmotivasi siswa dan hasil belajar jugameningkat. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranProblem Based Learning(PBL) terhadap motivasidan hasil siswa pada materi pencemaran lingkungankelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimenserta menggunakan metode tes yang berupa post test dalam memperoleh data motivasidanhasil belajar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsAssyafi’iyah Godang yang terdiri dari tiga kelas. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakanmodel pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Mata pelajaran yang diteliti adalah biologi dengan materi pencemaranlingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan analisis uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,020. Karena nilai sig. (2-tailed)0,020 < 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL)terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan analisis uji t-testdiperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001. Karena Sig. (2-tailed) 0,001 ˂ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) antara motivasi belajar dan hasil belajar. Pillai’s Trace, Wilk’s Lambada, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki nilai Sig. 0.000 dimana Sig. 0,000< 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153024 DWI NIKMATU ROHMAH
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:43
Last Modified: 30 Mar 2020 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item View Item