PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG AKSARA HIJAIYAH TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL MUTTAQIN BAGO TULUNGAGUNG

CHOIRUL MAHMUDAH, 17206153007 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG AKSARA HIJAIYAH TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL MUTTAQIN BAGO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Abstrak Skripsi dengan judul ” Pengaruh Penggunaan Media Wayang Aksara Hijaiyah terhadap Kemampuan Anak Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok A di RA Al Muttaqin Bago Tulungagung “ ini ditulis oleh Choirul Mahmudah, NIM. 17206153007, pembimbing Dr. Fathul Mujib, M. Ag Kata kunci : Media wayang aksara hijaiyah, kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah Menanamkan jiwa Al-Qur’an sejak usia dini sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW dan fatwa para ulama terdahulu yakni dimulai dengan mengenalkan huruf hijaiyah sesuai dengan mahrajnya. Banyak anak kelompok A atau usia 4-5 tahun yang masih belum mengenal huruf hijaiyah dengan tepat karena media yang masih monoton seperti dahulu yakni menggunakan poster atau papan tulis sedangkan dunia anak adalah bermain. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan media wayang aksara hijaiyah terhadap kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah pada anak kelompok A di RA Al Muttaqin Bago Tulungagung ? (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan media wayang aksara hijaiyah terhadap kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah pada anak kelompok A di RA Al Muttaqin Bago Tulungagung ?. Skripsi ini diharapkan dapat bermanfaat pada seluruh pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan anak agar lebih memaksimalkan proses pembelajaran yang aktif dan pertumbuhan serta perkembangan anak yang optimal. Kepada peneliti selanjutnya dibidang yang sama dapat menjadi referensi dan juga memperkuat penelitian ini. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan populasi penelitian 24 anak yakni 16 anak kelas A1 sebagai kelas eksperimen dan merupakan sampel penelitian dan 12 anak kelas A2 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk memperoleh data pengaruh penggunaan media wayang aksara hijaiayah terhadap kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah adalah metode observasi dan metode dokumentasi untuk menggali informasi tentang data dan dokumen sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media wayang aksara hijaiyah terhadap kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah pada anak kelompok A di RA Al Muttaqin Bago Tulungagung sesuai dengan hasil hitung uji Mann Withney yakni sebesar 0,008 yang artinya lebih besar dari 0,05. Selain itu hasil data juga dianalisis dengan uji t dengan nilai Sig.(2- tailed) adalah 0.00 yang artinya lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Uji Effect size juga menunjukkan pengaruh sedang pada penggunaan media wayang aksara hijaiyah terhadap kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah pada anak kelompok A di RA Al Muttaqin Bago Tulungagung sesuai hasil hitung sebesar 0.51 yakni masuk pada rentang 0,40 – 0,599 (sedang).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153007 CHOIRUL MAHMUDAH
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:45
Last Modified: 25 Jul 2019 06:45
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12422

Actions (login required)

View Item View Item