KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA KELAS VIII SMPN 1 PANGGUL

UMI HANIK, 17204153050 (2019) KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA KELAS VIII SMPN 1 PANGGUL. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (918kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (623kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (112kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Teorema Phytagoras Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Panggul” ini ditulis oleh Umi Hanik, NIM. 17204153050, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Dr. Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Analisis Kesalahan,Teorema Phytagoras, Taksonomi SOLO. Matematika merupakan salah satu bidang studi yang diajarkan di sekolah mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi, dimana matematika tidak lepas dari kegiatan penyelesaian soal. Hal tersebut karena kegiatan penyelesaian soal termasuk salah satu keterampilan yang sangat penting diajarkan kepada sisiwa sejak dini, sebagai bekal menghadapi rintangan di masa mendatang. Teorema Phytagoras merupakan salah satu materi geometri yang menjadi dasar siswa dalam memahami materi geometri selanjutnya. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa sering mengalami kesulitan yang berujung melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan teorema Phytagoras. Kesalahan yang dilakukan siswa tersebut perlu ditelusuri lebih lanjut mengenai sumber kesalahannya dengan cara menganalisis permasalahan yang menjadi penyebab kesalahan siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, maka digunakan taksonomi SOLO untuk mengetahui dan menggambarkan tingkat pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal. Tingkatan dalam taksonomi SOLO terdiri dari 5 level yaitu Prestructural, Unistructural, Multistructural, Relational dan Extended Abstract. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan letak kesalahan, jenis kesalahan, dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan teorema Phytagoras berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan pendektan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panggul. Data yang tertulis diambil dari hasil tes tulis yang menghasilkan 3 subjek penelitian berdasarkan kesalahan terbanyak dan dilakukan wawancara dengan subjek untuk mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan meliputi (1) tidak lengkap menuliskan apa yang dketahui (2) tidak lengkap menuliskan apa yang ditanyakan (3) kesalahan dalam menerapkan materi prasyarat (4) kesalahan dalam menerapkan teorema Phytagoras (5) kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Letak kesalahan terbanyak terdapat pada kesalahan siswa dalam menerapkan teorema Phytagoras, materi prasyarat dan menuliskan jawaban akhir. Jenis kesalahan subjek meliputi (1) konsep (2) prinsip (3) operasi. Selanjutnya untuk faktor penyebab kesalahan meliputi: (1) tidak memahami konsep (2) tidak memahami prinsip (3) tidak memahami operasi. Untuk level taksonomi SOLO subjek menunjukkan bahwa ketiga subjek sama-sama berada pada level Multistructural.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153050 UMI HANIK
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:22
Last Modified: 25 Jul 2019 06:22
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12420

Actions (login required)

View Item View Item