ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII D DI MTsN 2 TRENGGALEK

KHARISMA ALFI HASANAH, 17204153128 (2019) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII D DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (103kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema) pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII D di MTsN 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Kharisma Alfi Hasanah, NIM. 17204153128, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Pemahaman Prosedural, Teori APOS, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Pemahaman terhadap konsep matematika merupakan dasar untuk pembelajaran matematika yang lebih bermakna. Dalam belajar matematika, siswa harus menguasai konsep-konsepnya. Siswa akan kesulitan menuju proses pembelajaran apabila belum memahami konsep. Selain itu, siswa juga akan kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika apabila siswa tidak memiliki pengetahuan procedural yang baik. Seseorang belajar suatu konsep matematika dibahas dalam suatu teori kontruktivisme yang disebut teori APOS. Teori APOS merupakan teori kontruktivis tentang bagaimana kemungkinan berlangsungnya pencapaian atau pembelajaran suatu konsep atau prinsip matematika, yang dapat digunakan sebagai suatu elaborasi tentang kontruksi mental dari aksi, proses, objek dan skema. Berkenaan dengan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema) pada materi sistem persamaan Linier dua variabel di kelas VIII D MTsN 2 Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII D MTsN 2 Trenggalek. Subjek wawancara terdiri dari enam siswa berdasarkan kemampuan akademisnya, yaitu dua siswa berkemampuan tinggi, dua siswa berkemampuan sedang dan dua siswa berkemampuan rendah berdasarkan hasil nilai ulangan harian materi sistem persamaan linier dua variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilihat dari ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu (1) subjek dengan kemampuan tinggi mampu mencapai tiga tahap pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori APOS yang meliputi tahap aksi, proses, dan objek; (2) subjek dengan kemampuan sedang mampu mencapai dua tahap pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori APOS yang meliputi tahap aksi dan objek; (3) subjek dengan kemampuan rendah mampu mencapai satu tahap pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori APOS yakni tahap aksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI 17204153128 KHARISMA ALFI HASANAH
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:42
Last Modified: 25 Jul 2019 03:42
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12407

Actions (login required)

View Item View Item